Perhutani Ekspor Alpha Pinene ke India

Perhutani Ekspor Alpha Pinene ke India
Perhutani Ekspor Alpha Pinene ke India

jpnn.com - JAKARTA – Perum Perhutani melakukan ekspor perdana 13,6 ton produk alpha pinene ke India. Alpha pinene dihasilkan dari proses lanjutan getah pinus dan merupakan bahan baku untuk industri minyak, cat, dan tinta mesin cetak.

Alpha pinene diproduksi di Perhutani Pine Chimical Industry (PPCI), pabrik baru Perhutani di Pemalang dengan kualitas kemurnian minimal 97,5 % ke negara tujuan India dari Perhutani Pine Chimical Industry (PPCI), pabrik baru Perhutani di Pemalang.

Direktur Utama Perhutani Bambang Sukmananto menyatakan, proses produksi alpha pinene tersebut menggunakan teknologi yang sederhana, tetapi Perhutani justru memperoleh nilai tambah cukup tinggi jika dibandingkan hanya produknya saja.

Sementara kebutuhan pasar Alphapinene dan Bethapinene di dunia mencapai 600 ribu ton per tahun, di dalam negeri mencapai 19 ribu ton per tahun.

"Dengan bahan baku getah pinus yang ada, dengan pengolahan sampai derivatnya, maka Perhutani kedepan ditargetkan akan menjadi pelaku bisnis industri pine chemical penting di dunia," kata Bambang, Selasa (22/4).

Sebagai urutan ke tiga produsen derivat gondorukem dan terpentin di dunia, Perhutani baru menembus 10 persen, sedangkan China mencapai lebih dari 70 persen dan Brazil mencapai 11 persen.

Bambang mengatakan, pihaknya mengharapkan nilai tambah derivat gondorukem sebesar 20-30 persen dan derivat terpentin 50-60 persen. Dengan harga produk antara USD 2.000 sampai dengan YSD 4.000 dan bahkan ada yang mencapai USD 15.000 per ton.

Luas hutan yang dikelola Perhutani di Jawa 2,4 juta hektar (ha), terdiri dari hutan jati 1,3 juta haa (52 persen), hutan pinus 876,9 ribu ha (36 persen) dan sisanya damar, mahoni, akacia, sengon, kesambi, dan lainnya.

JAKARTA – Perum Perhutani melakukan ekspor perdana 13,6 ton produk alpha pinene ke India. Alpha pinene dihasilkan dari proses lanjutan getah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News