Muhaimin: Investasi di Kawasan Transmigrasi Mencapai Rp 13 triliun

Muhaimin: Investasi di Kawasan Transmigrasi Mencapai Rp 13 triliun
Muhaimin: Investasi di Kawasan Transmigrasi Mencapai Rp 13 triliun

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat selama tahun 2013 terdapat 41 perusahaan yang menanamkan investasinya di kawasan-kawasan transmigrasi yang tersebar di 11 provinsi di seluruh Indonesia. Nilai investasi dari perusahaan-perusahaan tersebut diperkirakan mencapai angka Rp 13 triliun.

Lokasi investasi di kawasan-kawasan transmigrasi itu meliputi Provinsi Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa tenggara Barat, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Ke-41  perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit, sisal dan tebu ini telah melakukan kerja sama kemitraan dengan pola inti-plasma dengan transmigran dan masyarakat sekitar melalui mekanisme Izin Pelaksanaan Transmigrasi (IPT).

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan  pemerintah  terus mendorong investasi di kawasan transmigrasi untuk  mempercepat pertumbuhan pembangunan daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyerap peluang kerja bagi transmigran dan masyarakat sekitar.

“Kawasan transmigrasi memiliki  daya tarik tersendiri bagi kalangan investor khususnya untuk sektor perkebunan  dan pertanian karena potensi sumber daya alam yang belum banyak dimanfaatkan. Hal ini juga akan membantu pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi secara merata di berbagai daerah, “kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta pada Selasa (22/4).

Muhaimin mengatakan kawasan transmigrasi membutuhkan para investor untuk memenuhi kebutuhan modal yang cukup besar dalam rangka memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Kawasan transmigrasi sendiri memiliki ketersediaan lahan yang cukup, tenaga kerja dan fasilitas lainnya untuk mendukung kebutuhan para investor dalam mengembangkan usaha.

“Berbagai modal dasar yang dimiliki oleh para investor harus dapat disesuaikan dan dipadu-padankan dengan ketersediaan lahan, tenaga kerja dan  fasilitas yang ada di kawasan transmigrasi sehingga mampu  menimbulkan sinergi guna mempercepat perkembangan kawasan transmigrasi,” kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan transmigrasi merupakan salah satu sektor pembangunan yang strategis dan dinamis dalam menciptakan peluang investasi dan diminati para calon investor. Bahkan saat ini terdapat 57 perusahaan lainnya yang sedang dalam proses untuk memperoleh IPT.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat selama tahun 2013 terdapat 41 perusahaan yang menanamkan investasinya di kawasan-kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News