Doubletrack KA Jakarta-SBY Tuntas April

Doubletrack KA Jakarta-SBY Tuntas April
Doubletrack KA Jakarta-SBY Tuntas April

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan rel ganda (double track) Kereta Api (KA) Jakarta"Surabaya tuntas pada akhir April ini. Rencana Strategis (Restra) 2015"2019 akan mengoptimalkan moda transportasi massal ini untuk mengurangi kemacetan jalan raya.       

"Target kita akhir bulan ini menyelesaikan sampai Kandangan. Tapi sudah Jakarta"Surabaya lho. Surabaya-nya sampai Kandangan dulu, belum Pasar Turi," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di sela seminar penyusunan Renstra Sektor Perhubungan 2015"2019 di kantor Kemenhub, Jakarta, kemarin.
       
Sisa penyelesaian dari Kandangan ke Pasar Turi, selain sedang dalam pembebasan sisa lahan, juga dilakukan kajian terutama terkait usul baru dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
       
"Ada beberapa perkembangan baru. Misalnya dari Kandangan ke Pasar Turi mau kita apakan" Karena ada usul dari Bu Wali untuk elevated atau naik (jalur layang). Kemudian ada usul integrasi dengan trem. Ada usul lagi dari Kandangan ke utara untuk sampai ke pelabuhan Kali Lamong. Ini kita review lagi," ulasnya.
       
Menurut dia, rel ganda diteruskan ke jalur arah timur sampai menembus Pasar Turi juga memungkinkan. Yang terpenting, tambah dia, saat ini selesai terlebih dahulu sampai ke Kandangan. 

Bambang mengatakan, beroperasinya jalur ganda untuk KA ini akan menjadi salah satu momen penting dalam upaya penyelesaian ruwetnya lalu lintas jalan di lintas Jawa. "Kita melihat kalau semua dibebankan ke jalan, lima tahun ke depan sudah pasti akan terjadi kemacetan lebih parah dari sekarang.

Karena ekonomi kita tumbuh dengan cepat. Kalau ekonomi cepat artinya kebutuhan untuk barang dan penumpang juga akan meningkat tajam," pikirnya.

Maka sesegera mungkin tingkatkan peran KA dan transportasi laut untuk menyeimbangkan arus distribusi barang dan penumpang yang saat ini mayoritas masih terkonsentrasi di jalan raya itu. "Misalnya untuk KA rel ganda di Jawa karena sudah terpasang ada tambahan kapasitas, akan di shifting dari darat untuk ke KA terutama untuk distribusi barang," kata Bambang.

Hal terpenting bagi pengusaha, kata dia, kepastian berapa lama produknya terkirim dalam proses distribusi itu. Terlebih untuk barang yang distribusinya membutuhkan kepastian dan kecepatan agar segera terkirim sebelum produknya rusak. "Memang akan ada proses dan terseleksi sendiri nantinya. Mana yang butuh dikirim lewat KA, mana yang masih pilih lewat darat, atau lewat laut," imbuhnya.

Konsep dari Kemenhub secara umum adalah integrasi antarmoda sehingga nantinya angkutan barang dan penumpang menjadi terpadu sebagai bagian yang tak terpisahkan.

Kemenhub memiliki tiga benchmark (acuan) dalam penentuan anggaran Restra 2015 " 2019 yaitu Rp 863 triliun (skenario MP3EI), Rp 1.269 triliun (skenario pendekatan makro hasil studi Bappenas - JICA), dan lebih dari Rp 1.000 triliun dari hasil penyusunan sementara masing-masing direktorat jenderal di Kemenhub yang kemudian diagregat. "Tentu ini akan kita lihat sebagai interaksi artinya akan ada penajaman-penajaman, perhitungan ulang. Mudah-mudahan sekitar Juli atau Agustus sudah final," harapnya.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan rel ganda (double track) Kereta Api (KA) Jakarta"Surabaya tuntas pada akhir April ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News