Adu Strategi Tingkat Tinggi

Adu Strategi Tingkat Tinggi
Cristiano Ronaldo. Foto: mirrorfootball.co.uk


MADRID - Banyak kalangan meyakini bahwa Real Madrid dan Bayern Muenchen sesungguhnya lebih pas bertemu pada final Liga Champions di Estadio do Sport, Lisbon, Portugal, 24 Mei mendatang. Sayang, hal itu tidak kesampaian.

Dua tim dengan koleksi 14 gelar juara Liga Champions tersebut harus bentrok di semifinal. Itu berarti hanya Real atau Beyern yang akan bertanding di partai puncak.
 
Laga first leg di Santiago Bernabeu, Madrid, dini hari nanti memberikan gambaran siapa yang lebih layak melenggang ke final. Real sangat tangguh di kandang. Tim besutan Carlo Ancelotti itu tidak terkalahkan dalam 17 laga home di pentas Eropa (15 kali menang dan 2 kali seri).
 
Di sisi lain, rekor tandang Bayern tidak jelek-jelak amat. Tim berjuluk FC Hollywood itu menghajar rival Real, Barcelona, 3-0 di Nou Camp pada semifinal musim lalu. Bayern memiliki rekor 6 kali menang, 5 kali seri, dan 10 kali kalah dalam lawatan ke markas klub Spanyol.
 
Materi pemain yang berimbang membuat duel Real kontra Bayern dijamin seru. Sangat menarik menantikan perang strategi dua pelatih papan atas dunia; Ancelotti di kubu Real dan Pep Guardiola di pihak Bayern. Keduanya dikenal sebagai pelatih yang kaya strategi.
 
"Kami akan menghadapi tim yang sangat kuat. Mereka (Bayern) telah memenangi liga bulan lalu. Tidak salah bila kami tidak menjadi favorit dalam laga ini," kata Ancelotti dalam akun Twitter Real.
 
Kubu Real menyadari bahwa Bayern bukan tim yang mudah dijinakkan. Sentuhan tangan dingin Guardiola membuat klub raksasa Jerman itu semakin menakutkan. "Kami harus bermain sempurna. Kami harus tahu bagaimana bertahan, menyerang, dan menguasai bola," ujar gelandang Real Xabi Alonso.
 
Sementara itu, kubu Bayern melakukan persiapan khusus menjelang away ke Madrid. Setelah mengunci gelar juara Bundesliga bulan lalu, performa Bayern di liga domestik cenderung labil. Salah satu contohnya, mereka dipukul Borussia Dortmund 0-3. Tugas berat Guardiola ialah mengembalikan fokus pemainnya.
 
Lini pertahanan menjadi salah satu titik perhatian yang dibenahi Bayern. Harian Jerman Muenchner Merkur melaporkan, duet Jerome Boateng dan Dante mendapat porsi latihan khusus agar semakin solid menjaga jantung pertahanan Bayern. Keduanya dipantau langsung oleh Guardiola selama satu setengah jam.

Antusiasme tinggi mengiringi away skuad Bayern ke Madrid. Ratusan fans mengawal kepergian Phillip Lahm dkk di Bandara Muenchen menuju Madrid.

"Seluruh Jerman dan mungkin seluruh Eropa bakal menyaksikan pertandingan ini," kata CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge. (c4/ca)

Perkiraan Pemain: Real Madrid v Bayern Munich

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Casillas "; 15-Carvajal, 3-Pepe, 4-Ramos, 5-Coentrao; 14-Alonso, 19-Modric; 22-Di Maria, 11-Bale, 7-Ronaldo; 9-Benzema.
Pelatih : Carlo Ancelotti

Bayern Munich (4-2-3-1): 1-Neuer; Lahm ", 4-Dante, 17-Boateng, 27-Alaba; 8-Martinez, 31-Schweinsteiger; 39-Kroos, 10-Robben, 7-Ribery; 9-Mandzukic.
Pelatih : Pep Guardiola

Stadion : Santiago Bernabeu, Madrid
Live : SCTV pukul 01.45 WIB
Wasit : Howard Webb (Inggris)


MADRID - Banyak kalangan meyakini bahwa Real Madrid dan Bayern Muenchen sesungguhnya lebih pas bertemu pada final Liga Champions di Estadio do Sport,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News