Hanya 18 Caleg Incumbent Lolos

Hanya 18 Caleg Incumbent Lolos
Hanya 18 Caleg Incumbent Lolos

jpnn.com - SAWAHAN - Rapat pleno penghitungan rekapitulasi suara oleh KPU Padang telah tuntas. Meski begitu, kepastian nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang menduduki kursi DPRD Padang belum diketahui.

Dari kalkulasi Padang Ekspres (Grup JPNN) berdasar data pleno KPU Padang, setidaknya mulai tergambar perolehan kursi DPRD Padang oleh masing-masing parpol.

Dengan menghitung jumlah suara sah dibagi jumlah kursi di masing-masing daerah pemilihan, jumlah suara satu kursi di setiap dapil berbeda-beda. Dari data pleno KPU, hampir dipastikan dari 33 caleg incumbent yang maju kembali, hanya 18 yang kembali duduk di DPRD Padang (45 kursi). Sisanya, akan didisi wajah-wajah baru.

Untuk diketahui,  anggota DPRD aktif hingga 2014 ada 44 orang. Tujuh orang maju menjadi caleg DPRD provinsi  dan 1 orang maju ke DPD RI. Sedangkan tiga orang  lagi tidak mencalonkan diri. Sisanya, mencaleg untuk DPRD Padang.

Dari hitung-hitungan Padang Ekspres, untuk daerah pemilihan Padang 1 (Kototangah), jumlah partisipasi pemilih 72.200 orang, suara sah 69.378 suara dan tidak sah 2.822 suara. Di dapil ini ada 9 kursi yang diperebutkan. Sementara caleg incumbent yang maju di dapil tersebut, 9 orang. Namun diperkirakan tiga caleg incumbent yang duduk kembali.

Yakni, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada dua caleg incumbent yang kembali maju di Dapil I, yakni Muharlion dan Pun Ardi dengan suara partai 7.658 suara atau 2,27 persen. Diperkirakan pada dapil ini PKS hanya mendapat satu kursi atas nama Muharlion yang mendapatkan suara tertinggi 2.225 suara.  Sementara Pun Ardi dengan perolehan 1.368 suara  berkemungkinan tidak lagi duduk.

Untuk Partai Golkar, caleg incumbent maju di dapil I hanya satu orang, yakni Jumadi. Di dapil ini suara Partai Golkar 7.666 suara atau 2,27 persen. Sudah bisa dipastikan Jumadi kembali duduk di DPRD Padang dengan raihan suara terbanyak, yakni 1.636 suara.

Sementara itu, Partai Demokrat ada empat caleg incumbet maju di dapil ini. Yakni, Gustin Pramona dengan perolehan 1.391 suara, Azwar Siry 831 suara, Roni Candra 1.374 suara, dan  Syamsu Sulin denga 542 suara. Untuk suara Partai Demokrat di Dapil I ada 7.336 suara atau 2,17 persen. Diperkirakan hanya satu kursi diraih Demokrat atas nama Gustin Pramona.

SAWAHAN - Rapat pleno penghitungan rekapitulasi suara oleh KPU Padang telah tuntas. Meski begitu, kepastian nama-nama calon anggota legislatif (caleg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News