Suku Bunga The Fed Dekati 0 %

Terendah dalam Sejarah

Suku Bunga The Fed Dekati 0 %
Suku Bunga The Fed Dekati 0 %
WASHINGTON DC - Bank Sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), memangkas suku bunga acuan menjadi hampir nol persen untuk kali pertama dalam sejarah. Langkah dramatis tersebut ditempuh untuk memulihkan pasar kredit dan mengakhiri resesi terpanjang dalam seperempat abad ini.

Dalam pernyataan resmi yang disampaikan Selasa (16/12) atau Rabu dini hari WIB, Federal Open Market Committee (FOMC) menyatakan bahwa target bank sentral adalah suku bunga 0-0,25 persen dari sebelumnya 1 persen. Pemangkasan mengejutkan sebesar 0,75-1 persen dalam satu waktu itu merupakan yang pertama dalam 95 tahun sejarah berdirinya institusi tersebut.

Tindakan radikal itu menggarisbawahi kesulitan ekonomi dan stabilitas ekonomi AS yang begitu mendalam. Bertahun-tahun, pemangkasan tingkat suku bunga menjadi senjata ampuh The Fed untuk keluar dari kesulitan ekonomi. Tapi, masa resesi yang sudah berlangsung setahun, tampaknya, semakin buruk, walaupun sejauh ini sudah ada beberapa langkah penyelamatan yang dijalankan.

The Fed sudah sembilan kali memangkas suku bunga dalam 14 bulan dan dana talangan sudah digelontorkan pemerintah sampai USD 1,4 triliun. Namun, semua langkah itu masih belum cukup mencegah rontoknya perekonomian negeri adidaya tersebut.

WASHINGTON DC - Bank Sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), memangkas suku bunga acuan menjadi hampir nol persen untuk kali pertama dalam sejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News