Menara Gondola Ambruk, Puluhan Turis Terjebak

Menara Gondola Ambruk, Puluhan Turis Terjebak
Foto : REUTERS
WHISTLER – Gurat panik tersiar dari wajah wisatawan resort ski di Whistler, Kanada. Gara-garanya, menara penyangga gondola di Blackcomb mountain roboh Rabu (17/12). Lima orang dilaporkan terluka dan 53 lainnya yang terkurung dalam 30 gondola berhasil diselamatkan. Menara yang roboh tersebut adalah menara ke empat tak jauh dari titik awal.

 ’’Sungguh ajaib, Kami dengar suara ribut menara yang roboh, lalu kabin terguncang dan jatuh menghunjam tanah. Kami melompat keluar lewat kaca  jendela yang pecah,’’ kata Graeme Bell, salah seorang wisatawan yang selamat kepada televisi setempat seperti dirilis Associated Press.

Para petugas patroli pegunungan, petugas pemadam kebakaran, polisi serta petugas medis bahu membahu menyelamatkan korban terperangkap dengan  menggunakan tali, tangga serta mobil pemadam kebakaran. Suhu dingin dibawah sembilan derajat celcius bukan menyulitkan petugas. Sebab para pengungjung telah melengkapi diri dengan ski khas musim dingin yang serba tebal. Setidaknya bisa melindungi tubuh ketika gondola terempas ke tanah berselimut es.    

Satu lift gantung disebutkan jatuh menabrak bus shelter, sementara dua lainnya mengantung di udara. Aparat setempat segera memasang tiang derek sebagai penyangga sementara agar penumpang yang terjebak dalam gondola yang mengayun-ayun genting bisa diselamatkan. Setidaknya butuh waktu sekitar tiga jam untuk mengevakuasi penumpang. ’’Untunglah tidak satupun yang cedera parah dalam insiden ini,’’ kata pegawai setempat kepada AP.

WHISTLER – Gurat panik tersiar dari wajah wisatawan resort ski di Whistler, Kanada. Gara-garanya, menara penyangga gondola di Blackcomb mountain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News