Manusia Lebih Sulit Ingat yang Didengar Daripada yang Dilihat

Manusia Lebih Sulit Ingat yang Didengar Daripada yang Dilihat
Manusia Lebih Sulit Ingat yang Didengar Daripada yang Dilihat

jpnn.com - DAYA ingat manusia atas berbagai hal tidaklah sama. Ibaratnya, memori juga berbeda-beda kapasitasnya. Tapi tahukah anda bahwa ternyata daya ingat manusia untuk mengingat suara itu, ternyata lebih lemah dibanding yang lainnya.

Para peneliti dari Universitas Iowa, Amerika, melakukan penelitian mengenai sejauh mana daya ingat manusia terhadap hal yang didengar, dilihat, dan dirasakan. Dan hasilnya didapat bahwa daya ingat manusia terhadap suara sangatlah rendah, bila dibandingkan dengan daya ingat dari stimulan yang lain.

Dalam penelitiannya, para peneliti Universitas Iowa melakukan percobaan dengan membuat sebuah eksperimen untuk melakukan tes memori jangka pendek dari 100 mahasiswa yang menjadi partisipannya. Para peneliti melakukan uji coba untuk melihat sejauh mana daya ingat manusia dapat menangkap hal-hal yang didengar, dilihat, dan dirasakannya secara bersamaan.

Dari hasil penelitian didapat bahwa para mahasiswa tersebut tidak bisa mengulang apa yang mereka dengar di seminggu setelah penelitian, sedangkan mereka masih bisa mengingat secara persis apa yang mereka lihat dan mereka rasakan.

"Sebagai pengajar, kami ingin memastikan bahwa para mahasiswa kami akan selalu mengingat semua yang kami katakan. Tapi jika anda benar-benar ingin mengingat semuanya itu, anda mungkin butuh penambahan berupa visual," kata peneliti Amy Poremba, seperti dilansir laman Medical News Today, Rabu (23/4).

Penelitian ini semakin menguatkan fakta bahwa otak utama mempunyai kelemahan dalam mengulang hal-hal yang didengar (audio), dibanding mengulang hal-hal yang dilihat melalui video.(fny/jpnn)


DAYA ingat manusia atas berbagai hal tidaklah sama. Ibaratnya, memori juga berbeda-beda kapasitasnya. Tapi tahukah anda bahwa ternyata daya ingat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News