Robert Tantular Curiga BI Sengaja Buat Bank Century Kalah Kliring

Robert Tantular Curiga BI Sengaja Buat Bank Century Kalah Kliring
Mantan Dirut Bank Century, Robert Tantular bersaksi pada sidang kasus Tindak Pidana Korupsi, Kamis (24/4) terkait pemberiaan FPJP dan penetapan Bank Century sebagai Bank gagal berdampak sistemik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Direktur Utama Bank Century Robert Tantular curiga kepada Bank Indonesia (BI). Alasannya BI sengaja membuat Bank Century yang kini bernama Bank Mutiara kalah kliring pada 13 November 2008.

Robert menyatakan, ditetapkan kalah kliring merupakan sesuatu yang menyakitkan. "Karena hanya kurang Rp 5 miliar," kata Robert saat bersaksi dalam persidangan terdakwa Budi Mulya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (24/4).

Robert menyatakan, sudah meminta bantuan dana kepada PT Sinar Mas Multi Artha untuk keperluan kliring pada 13 November. Sinar Mas hanya sanggup membantu Rp 25 miliar.

Jumlah itu, lanjut Robert, masih kurang. Kemudian dari Bank Century cabang Palembang dikirim lagi uang Rp 5 miliar. Meski begitu uang itu tidak diangga oleh pejabat BI.

"Waktu itu direksi mengatakan uang Rp 5 miliar dari cabang Palembang itu sudah ada di depan loket BI. Tapi oleh Pak Heru (Heru Kristiyono, pejabat BI) tetap saja enggak dianggap. Sore harinya diumumkan Bank Century kalah kliring. Ini yang saya enggak tahu apakah sengaja atau tidak," ujar Robert. (gil/jpnn)

JAKARTA - Mantan Direktur Utama Bank Century Robert Tantular curiga kepada Bank Indonesia (BI). Alasannya BI sengaja membuat Bank Century yang kini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News