Tangis Haru Warnai Kedatangan Tim Lomba Ilmiah dari Serbia

Tangis Haru Warnai Kedatangan Tim Lomba Ilmiah dari Serbia
Rombongan tim Indonesia yang terdiri dari 8 siswa-siswi SMP/SMA yang mengikuti presentasi ilmiah internasional di International Conference for Young Scientists (ICYS) XXI 2014 di Serbia. FOTO: Natalia/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Suasana haru biru mewarnai kedatangan rombongan tim yang terdiri dari 8 siswa-siswi SMP/SMA yang mengikuti presentasi ilmiah internasional di International Conference for Young Scientists (ICYS) XXI 2014 di Serbia. Saat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis sore (24/4) mereka disambut oleh orangtua, sahabat dan keluarga mereka. Peluk dan tangis pun terlihat di antara mereka.

"Kami senang banget bisa membawa nama Indonesia dan sekarang bisa kembali ke sini," ujar salah satu peserta, Harman Dewantoro. Harman adalah salah satu siswa perwakilan dari SMA Cita Hati Surabaya. Ia termasuk peraih medali emas melawan 14 negara untuk kategori Matematika. Judul penelitiannya Chaotic Bare-Bones Particle Swarm Optimization.

Dari 8 siswa ini, enam di antaranya berhasil memboyong medali pada lomba presentasi karya ilmiah tingkat internasional yang digelar di Belgrade, Serbia pada 17-23 April 2014. Satu lagi berhasil mendapatkan penghargaan special award. Kedelapan siswa ini  didampingi satu team leader yaitu Syailendra Harahap S.Si dari Surya University.

Direktur Center for Young Scientists (CYS) Surya University Monika Raharti MSi yang turut hadir menyambut para siswa ini mengaku sangat bahagia tim utusan Indonesia bisa memperoleh medali emas hingga perunggu.

"Ini sangat mengejutkan karena hampir semuanya dapat. Seleksinya sangat ketat dan mereka berhasil," kata Monika.

Monika berharap masa depan para siswa berprestasi ini dapat terus diperhatikan, mengingat kemampuan mereka yang sudah mampu membawa nama Indonesia lewat karya ilmiah.

"Kami harap mereka melanjutkan ke pendidikan tinggi, setinggi-tingginya sammpai S3, karena mereka sudah mampu melakukan riset sendiri. Itu bekal kuat," tandas Monika. (flo/jpnn)

JAKARTA - Suasana haru biru mewarnai kedatangan rombongan tim yang terdiri dari 8 siswa-siswi SMP/SMA yang mengikuti presentasi ilmiah internasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News