Hatta: Penundaan Akuisisi BTN Sesuai Arahan Presiden

Hatta: Penundaan Akuisisi BTN Sesuai Arahan Presiden
Hatta: Penundaan Akuisisi BTN Sesuai Arahan Presiden

jpnn.com - JAKARTA -- Menko Perekonomian Hatta Rajasa mendukung penuh penundaan rencana akuisisi Bank Tabungan Negara (BTN) oleh Bank Mandiri. Menurutnya, penundaan itu sesuai dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya kira arahan Presiden sudah jelas melalui Dipo. Kebijakan yang bersifat strategis mempengaruhi fiskal, penerimaan negara, ketenagakerjaan atau berdampak luas, maka harus dikaji dengan baik dan hati-hati," ujar Hatta di (24/4).

Hatta menilai, kebijakan akuisisi BTN oleh Bank Mandiri tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Alasannya, kebijakan tersebut tidak tergolong kebijakan.

"Apabila tidak mendesak dan dapat menimbulkan pengaruh pada  pemerintahan yang baru karena policy-nya berbeda, maka tidak usah dilakukan," sambung Hatta.

Hatta mengatakan menurut Presiden, rencana kebijakan tersebut sudah menimbulkan kontroversi. Apalagi timbul penolakan dari pihak serikat pekerja BTN.

Selain itu, dia menuturkan, kebijakan tersebut tidak hanya berdampak pada BUMN itu sendiri. Namun juga mempengaruhi pihak-pihak lain, seperti pemegang saham.

"Dalam konteks BTN, bukan apakah baik atau tidak, tapi Presiden menghendaki agar ini di-manage dengan baik, fungsi koordinasi, dengan Menkeu terutama. Apalagi sudah muncul penolakan bagi karyawan, ini tidak baik. Makannya di-manage dengan baik atau ditunda,"tuturnya.

Meski begitu, besan Presiden tersebut mengakui bahwa kebijakan tersebut tidak sepenuhnya membawa dampak buruk. Kebijakan akuisisi tersebut sangat baik untuk menyambut Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) pada 2015 mendatang.

JAKARTA -- Menko Perekonomian Hatta Rajasa mendukung penuh penundaan rencana akuisisi Bank Tabungan Negara (BTN) oleh Bank Mandiri. Menurutnya, penundaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News