Pesawat Kepresidenan Siap Mengudara

Pesawat Kepresidenan Siap Mengudara
Pesawat Kepresidenan Siap Mengudara

jpnn.com - JAKARTA -- Pesawat Kepresidenan RI tipe Boeing Business Jet 2 (BBJ 2) Green kini siap mengudara menghantarkan Presiden dan rombongan untuk kunjungan kerja. Pesawat itu telah siap setelah melewati masa sertifikasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan.

"Sertifikasi kelayakan sudah kita keluarkan, sudah siap," ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis, (24/4).

Pesawat Kepresidenan yang merogoh kocek pemerintah sebesar USD 89,6 juta atau Rp 847 miliar itu tiba di Indonesia pada Kamis (10/4) lalu.

Pesawat ini mampu menempuh perjalanan hingga 10 jam dengan kecepatan jelajah 0,785 mach dan kecepatan maksimul 0,85 mach.

Pesawat dengan kapasitas muat 67 orang ini memiliki ruang rapat dan ruang eksekutif guna memfasilitasi Presiden RI dalam menunaikan tugas kenegaraannya dalam perjalanan.

Pesawat ini sudah mengikuti uji coba di wilayah Aceh. Setelah ini, ia mempersilakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi kepala negara yang memanfaatkan pesawat itu untuk melakukan kunjungan kerja.

Belum diketahui jadwal Presiden bersama penerbangan perdana pesawat itu. "Sudah bisa, sekarang sudah siap, tidak ada masalah. Silakan digunakan Presiden," tandas Purnomo. (flo/jpnn)


JAKARTA -- Pesawat Kepresidenan RI tipe Boeing Business Jet 2 (BBJ 2) Green kini siap mengudara menghantarkan Presiden dan rombongan untuk kunjungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News