Empat Bulan Honorer di Mojokerto Tak Terima Gaji

Empat Bulan Honorer di Mojokerto Tak Terima Gaji
Empat Bulan Honorer di Mojokerto Tak Terima Gaji

jpnn.com - MOJOKERTO - Pegawai honorer di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mojokerto galau. Sebab, sudah empat bulan terakhir mereka tidak mendapat gaji. Selain itu, status mereka hingga kini belum jelas.

“Sampai sekarang belum tahu kapan gajian,” ungkap Ho, salah seorang pegawai honorer di SKPD kepada Jawa Pos Radar Mojokerto.

Sebagai honorer, Ho belum mengetahui waktu penerimaan gaji. Apalagi, status sebagai pegawai honorer hingga kini tidak jelas. Selanjutnya, nasib honorer juga belum diketahui. “Kalaupun telat, kami diberi tahu kapan akan diberikan. Soalnya, ini tidak ada pemberitahuan sama sekali,” terangnya.

Honorer di sekretariat dan satker lain mengalami hal serupa. Setiap bulan, pegawai honorer mendapat gaji Rp 700 ribu hingga Rp 1,2 juta. Honorer di instansi pendidikan lebih kecil lagi. Ada yang hanya dibayar Rp 200 ribu sesuai dengan kekuatan sekolah. “Inginnya ada kejelasan hak kami. Kapan kepastian gaji saya bisa cair,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko saat dikonfirmasi menyatakan, keterlambatan gaji honorer tersebut menjadi kewenangan setiap SKPD di lokasi honorer tersebut bekerja. Sebab, sistem penggajian honorer telah menyatu dengan anggaran satuan kerja.

“Sebelum mengantongi SK CPNS, penggajian tetap menjadi tanggungan satuan kerja di mana honorer itu bekerja,” ungkapnya kemarin.

Honorer K2 yang telah lolos tes CPNS tahun lalu masih menunggu penyesuaian. Teguh menjelaskan, hingga kini, nomor induk pegawai (NIP) para honorer tersebut belum turun sehingga status mereka masih honorer. “Kalau sudah terima SK (surat keputusan CPNS), gajinya akan disesuaikan. Kalau belum, masih tetap gaji yang lama (honorer),” terangnya.

Kabaghumas dan Protokol Pemkab Mojokerto Alfiyah Ernawati membantah adanya keterlambatan pemberian gaji seluruh honorer. Sebab, gaji honorer itu masuk dalam anggaran satker. Jadi, pencairan gaji tersebut telah dilakukan setiap satker.

MOJOKERTO - Pegawai honorer di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mojokerto galau. Sebab, sudah empat bulan terakhir mereka tidak mendapat gaji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News