Atlas, Terminator dalam Bentuk Nyata

Atlas, Terminator dalam Bentuk Nyata
Atlas, Terminator dalam Bentuk Nyata

jpnn.com - WASHINGTON - Para peneliti teknologi tinggi di Pentagon telah merilis eksperimen terbaru mereka. Yaitu, sebuah robot seukuran manusia. Robot itu disebut-sebut mirip dengan robot Terminator di film Hollywood. Selasa (22/4) Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel berkesempatan menjadi orang pertama yang melihat robot tersebut.

Robot yang diberi nama Atlas itu memiliki tinggi 187 cm. Atlas tidak didesain untuk perang, melainkan proyek kemanusiaan. Yakni, untuk menyelamatkan korban di reruntuhan atau bencana alam. Robot itu juga diikutkan dalam kontes desain dan produksi mesin menyerupai manusia yang diadakan Agen Proyek Penelitian Pertahanan Tingkat Tinggi (DARPA).

Kepala Teknologi Taktis DARPA Brad Tousley menjelaskan pada Hagel bahwa Hollywood telah menciptakan gambaran robot yang tidak realistis. Yakni, yang menyerupai manusia dan bisa melakukan apa pun.

“Padahal, untuk menciptakan robot yang bisa naik tangga, membuka pintu, dan membawa benda saja membutuhkan usaha keras yang merupakan gabungan dari ilmu komputer dan permesinan,” ujar Tousley.

Para peneliti Pentagon juga menunjukkan pada Hagel teknologi prostetik yang terbaru. Termasuk di antaranya tangan mekanik yang dikontrol keinginan di otak. Hagel menyatakan, teknologi tersebut akan membawa efek yang luar biasa pada kehidupan para prajurit yang terluka atau cacat sepulang perang.

DARPA lantas menunjukkan teknologi lainnya pada Hagel, namun jurnalis dilarang meliput. Sebab, yang akan ditunjukkan adalah senjata rahasia militer.

Tetapi, sumber di Kementerian Pertahanan AS mengungkapkan, yang ditunjukkan adalah rencana X berupa proyek perang cyber. Yaitu, sistem yang terhubung dengan pengontrol udara taktis dan bisa dioperasikan dengan tablet. Selain itu, masih ada kapal antimisil yang terbaru. (AFP/sha/c15/tia)


WASHINGTON - Para peneliti teknologi tinggi di Pentagon telah merilis eksperimen terbaru mereka. Yaitu, sebuah robot seukuran manusia. Robot itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News