Pertimbangkan Cawapres Representasi Kawasan

Pertimbangkan Cawapres Representasi Kawasan
Pertimbangkan Cawapres Representasi Kawasan

jpnn.com - JAKARTA - Saat ini peta koalisi dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti masih didominasi oleh tiga capres yang kemungkinan akan memimpin tiga koalisi besar, yakni blok Jokowi (PDIP), blok Prabowo (Gerindra), dan blok Aburizal Bakrie (ARB). Namun, khusus pencapresan ARB tersebut masih misterius, apakah mendapat pasangan atau tidak.

 

Karena itu yang terpenting adalah cawapres yang akan mendampingi ketiga capres tersebut, yang idealnya merupakan representasi kawasan. Hal itu disampaikan politisi PAN Laode Ida dalam diskusi ‘Cawapres Ideal 2014’ bersama pengamat politik LIPI Prof Dr Siti Zuhro, dan psikolog politik UI Dr Hamdi Muluk di gedung DPR RI Jakarta, Kamis (24/4).

”Ketiga bakal capres itu kalau dibedah pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Karena itu, kekurangan dari masing-masing capres itu harus dilengkapi dan disempurnakan oleh cawapres yang mendampinginya. Jokowi misalnya yang semula hanya pemimpin lokal (Walikota Solo), lalu Gubernur DKI Jakarta, dan akan memimpin Indonesia yang luas, maka cawapresnya harus bisa menyempurnakan kekuarangan Jokowi, dan berdasarkan representasi kawasan,” terang Laode Ida yang juga Wakil Ketua DPD RI ini.

Menurut Laode, baik Jokowi maupun Prabowo sebagai capres yang digandrungi, disukai masyarakat, dan akan dipilih rakyat, cawapresnya harus mempertimbangkan representasi kawasan. Ia menyontohkan, ada Jusuf Kalla (JK), Hatta Rajasa, dan Ketua DPD RI Irman Gusman.

”JK bagus dan berpengalaman, juga Hatta Rajasa, Irman Gusman, dan Riyamizard. Keempat tokoh tersebut juga representasi dari kalangan hijau-Islam dan militer,” tambahnya.

Untuk Prabowo, kata Laode jelas sebagai antitesa dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dinilai tidak tegas, pembimbang dan tidak berani, maka capres 2014-2019 ini harus berani dan tegas dalam mengambil keputusan, dan kekuarangan Prabowo bisa dilengkapi oleh cawapresnya.

”Kecuali, ARB cawapresnya harus Jawa, sehingga rasa Indonesia, yaitu Jawa dan luar Jawa, dan mereka itu merupakan perekat bangsa Indonesia, yang diharapkan bisa membangun Indonesia dari daerah,” tandas Laode.

JAKARTA - Saat ini peta koalisi dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti masih didominasi oleh tiga capres yang kemungkinan akan memimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News