Bayi Kepala Dua Punya Tiga Paru-paru

Dirujuk ke RUSP Adam Malik

Bayi Kepala Dua Punya Tiga Paru-paru
Bayi berkepala dua yang dirawat di RSUP Adam Malik, Medan. Foto: Aminoer Rasyid/JPNN

jpnn.com - MEDAN-Bayi berkepala dua yang dirawat di Lantai IV Ruang Perinatologi RSUD dr Pirngadi Medan akhirnya dirujuk ke RSUP Adam Malik. Meski bayi dari Poniman (35) dan Lasmini (30) warga Dusun I Sukamulya, Desa Telagasaid Kecamatan Seilepan, Kabupaten Langkat itu dalam kondisi baik, namun dia memiliki kelainan lain. Di tubuh bayi itu ada tiga paru-paru.

Tidak itu saja, di tubuh bayi berkepala dua itu ada dua jantung, dua tulang punggung, dan dua tenggorokan.

"Kondisi anak saya bagus, tapi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelainan pada anak saya belum ada hasilnya dari dokter," ucap Poniman (35) dengan suara pelan saat ditemui di ruang tunggu di Lantai IV RSUD dr Pirngadi, Kamis (24/4).

Pria yang sehari-hari sebagai buruh karet ini mengungkapkan bila kondisi buah hatinya bagus seperti kemarin maka tak usah dilakukan operasi pemisahan. "Kalau nanti dioperasi dan berisiko, ya bagus tak usah,” tegasnya.

Poniman mengaku belum mengetahui kondisi pasti tentang anaknya itu. Pun dia tidak tahu apakah anaknya akan dioperasi atau tidak. “Tapi saya dengar anak saya memiliki 2 jantung, tulang punggung 2, tenggorokan 2, dan paru-paru 3. Hanya saja bagian dari dada ke bawah belum diketahui karena saat diperiksa tak kelihatan," tuturnya.

Sebelum bayi malang itu lahir, Poniman sudah merencanakan kalau anak ketiganya Ini lahir perempuan maka akan diberinya nama Putri Aulia. Pasalnya, kedua anaknya adalah laki-laki.

"Sudah takdir kalau anak ketiga kami laki-laki dan kepalanya dua," ucapnya pasrah dan memikirkan keadaan anaknya dan istrinya yang masih dirawat di RS Insani Brandan.

Terpisah Kabah Hukum dan Humas Pirngadi Medan, Edison Perangiangin, mengatakan untuk tindakan medis yang dilakukan berupa hasil pemeriksaan darah dan jantung bayi dan hasilnya baik. Serta berat badannya 2,8 kg.

MEDAN-Bayi berkepala dua yang dirawat di Lantai IV Ruang Perinatologi RSUD dr Pirngadi Medan akhirnya dirujuk ke RSUP Adam Malik. Meski bayi dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News