Bikin Toilet Unik, Taman ini Masuk 10 Terbaik Dunia

Bikin Toilet Unik, Taman ini Masuk 10 Terbaik Dunia
Bikin Toilet Unik, Taman ini Masuk 10 Terbaik Dunia

jpnn.com - BEIJING--Sebuah taman di Provinsi Zhejiang, China, menarik perhatian dunia karena membangun toilet unik dan trendy. Fasilitas ini bahkan membuat taman ini masuk dalam kategori 10 terbaik dunia.

"Anda akan kecewa jika toilet umum di sebuah taman arsitektur tidak sesuai desain dengan namanya. Untungnya, orang-orang di Jinhua Architecture Park tidak mengecewakan. Selain privasi di toilet umum, bentuknya benar-benar unik," kata Xu Tiantian, salah satu desainernya seperti dilansir asiaone, Selasa (29/4)

Toilet yang dibangun pada 2007, masuk ke peringkat sembilan dalam daftar dunia. Yang lainnya diraih Jepang, Swiss, Polandia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Di Jinhua Architecture Park, setiap kompartemen toilet memiliki jendela berbentuk melengkung di atasnya. Ini agar lebih privasi dan memastikan berfungsinya ventilasi dengan baik.

"Selain menjamin perlindungan dan privasi, juga fungsional seperti ventilasi dan pencahayaan alami, tanpa mengganggu hubungan antara pengguna dan taman," kata Xu.

Kong Hanbing, seorang profesor di College of Public Administration dari Universitas Zhejiang, mengatakan kota-kota besar memfokuskan diri pada peningkatan fasilitas sanitasi publik dalam beberapa tahun terakhir.

"Jumlah toilet umum di Beijing berkembang menjadi lebih dari 12 ribu pada 2013 dari 2.200 di tahun 2005," ujarnya.

Kong menambahkan, fokus sekarang adalah menyediakan lingkungan sanitasi yang lebih baik. "Pemerintah cenderung menggunakan bahan-bahan yang dapat mencegah grafiti dan tahan air," sambungnya .

Menurut laporan tahunan Organisasi Kesehatan Dunia pada sanitasi dan air minum, 65 persen dari penduduk China memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang baik pada 2011. (esy/jpnn)

BEIJING--Sebuah taman di Provinsi Zhejiang, China, menarik perhatian dunia karena membangun toilet unik dan trendy. Fasilitas ini bahkan membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News