Risma Pesan Mobil Listrik Buatan ITS untuk Dinas

Risma Pesan Mobil Listrik Buatan ITS untuk Dinas
Risma Pesan Mobil Listrik Buatan ITS untuk Dinas

jpnn.com - WALI Kota Surabaya Tri Rismaharini menaruh perhatian khusus pada karya Mobil Listrik Nasional (Molina) yang dibuat para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Saking bangganya atas prestasi mahasiswa itu, wali kota yang karib disapa Risma itu pun memesan satu Molina.

"Saya bangga atas prestasi arek-arek Surabaya, saya ingin naik mobil listrik yang merah untuk mobil dinas. Jadi saya pesan buatan pertama," katanya saat menyambut kedatangan dua Molina ITS yakni EZZY ITS ver 1.0 (putih) dan EZZY ITS ver 1.1 (merah) yang telah melakukan `Tour de Java` Jakarta-Surabaya pada 2-6 Mei.

Di hadapan Rektor ITS Prof Tri Yogi Yuwono dan ratusan mahasiswa serta pelajar Surabaya, Risma mengaku dirinya langsung tertarik saat menyaksikan desain mobil listrik yang tidak kalah "cantik" dengan buatan negara-negara maju.

"Itu (Molina) merupakan sesuatu yang sudah lama saya impikan, sejak kita meluncurkan Eco City, maka saya bermimpi, kapan bisa mewujudkan Eco City Car," kata pejabat yang juga alumni Jurusan Arsitektur ITS Surabaya itu.

Oleh karena itu, ia berharap uji coba yang sudah sukses dilakukan Molina dengan "Tour de Java" yang menempuh jarak 700-800 kilometer dari Jakarta ke Surabaya itu tidak berhenti. Menurutnya, masyarakat Surabaya menunggu karya mahasiswa ITS yang sudah terbukti memiliki prestasi tingkat nasional dan internasional.

Dalam kesempatan itu, Rektor ITS Prof Tri Yogi Yuwono mengaku sempat berdebar-debar saat melepas keberangkatan Molina ITS. "Saya was was, apakah Molina bisa berhasil melakukan uji coba dari Jakarta ke Surabaya, ternyata bisa, alhamdulillah," katanya.

Menurut dia, keinginan Wali Kota Surabaya untuk memiliki "Eco City Car" atau keinginan masyarakat Indonesia untuk memiliki Molina itu bisa terwujud bila ITS diberi kesempatan untuk mengembangkan Molina lebih lanjut. (ant/fr/mas)

WALI Kota Surabaya Tri Rismaharini menaruh perhatian khusus pada karya Mobil Listrik Nasional (Molina) yang dibuat para mahasiswa Institut Teknologi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News