Fosil Dinosaurus Terbesar Ditemukan di Argentina

Fosil Dinosaurus Terbesar Ditemukan di Argentina
Fosil Dinosaurus Terbesar Ditemukan di Argentina

jpnn.com - ARGENTINA--Para palaentolog menemukan tulang fosil dinosaurus yang diyakini sebagai makhluk terbesar yang pernah berjalan di bumi. Fosil ini ditemukan di Argentina.

Berdasarkan temuan tulang paha yang besar itu, mereka meyakini dinosaurus itu memiliki panjang 40 meter dan tinggi 20 meter. Dengan berat 77 ton atau setara berat 14 gajah Afrika.

Dinosaurus ini juga lebih berat tujuh ton dari temuan sebelumnya yakni Argentinosaurus, yang memiliki berat 70 ton. Para ilmuwan percaya ini spesies baru titanosauria atau herbivora besar dari periode akhir Cretaceous.

Diberitakan BBC, fosil ditemukan seorang pekerja pertanian lokal yang tersandung bebatuan di padang pasir dekat La Flecha, sekitar 250 km barat dari Trelew, Patagonia. Fosil itu kemudian digali oleh tim paleontologis dari Museum Paleontologi Egidio Feruglio, yang dipimpin Dr Jose Luis Carballido dan Dr Diego Pol.

Mereka menggali sekitar 150 tulang dimana semuanya dalam kondisi luar biasa. "Mengingat ukuran tulang-tulangnya, ini melampaui salah satu hewan raksasa yang dikenal sebelumnya," kata para peneliti seperti dikutib BBC News.

Herbivora raksasa ini diperkirakan hidup di hutan-hutan Patagonia antara 95 dan 100 juta tahun yang lalu , berdasarkan umur batuan di mana tulang yang ditemukan. Dr Paul Barrett, seorang ahli dinosaurus dari Natural History Museum London, meyakini spesies baru ini benar-benar besar. (esy/jpnn)

 

ARGENTINA--Para palaentolog menemukan tulang fosil dinosaurus yang diyakini sebagai makhluk terbesar yang pernah berjalan di bumi. Fosil ini ditemukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News