Harapan untuk Tujuh Dokter yang Bakal Duduk di Senayan

Harapan untuk Tujuh Dokter yang Bakal Duduk di Senayan
Harapan untuk Tujuh Dokter yang Bakal Duduk di Senayan

HASIL pemilu legislatif 2014 sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), kita juga bisa mengetahui siapa-siapa dari 560 anggota legislatif baru untuk periode 2014-2019 termasuk perolehan suara yang didapat yang mengantarkan mereka ke Senayan.  
-----------
Dr. Ari Fahrial Syam- Dosen, Praktisi Kesehatan, Wakil Ketua PB PAPDI
----------
Berbagai analisa dibuat dari wajah-wajah anggota legislatif baru  yang akan duduk di Senayan untuk periode keanggotaan DPR pusat 2014-2019. Berbagai analisa dibuat antara lain  seputar legislator perempuan, ada yang membahas legislator dari kalangan artis.

Tetapi sejauh yang saya baca tidak ada yang membahas legislator dari kalangan profesi dokter. Jika kita melihat hasil pemilu tampak bahwa jumlah legislator 2014-2019 dari kalangan dokter tidak lebih dari 10 orang.  Sejauh yang saya lihat ternyata hanya ada 7 orang dari 560 anggota DPR (1,25 %) yang berprofesi dokter dan tidak ada yang bergelar profesor.

Ini berbeda dengan periode sebelumnya ada 2 profesor yang kebetulan dari partai Demokrat dan tidak lolos ke Senayan di pileg 2014 yaitu Prof Dinajani dan Prof Mahyudin.

Sebagian besar dokter yang tidak lolos ke Senayan berasal dari partai Demokrat, sehingga jelasnya keberadaan dokter di DPR berhubungan dengan kegagalan Demokrat pada pemilu legislatif 2014 ini. Sebaliknya kemenangan PDIP tidak membuat banyak dokter yang diangkat menjadi anggota DPR.

Dari 7 dokter tersebut  4 dokter merupakan anggota DPR yang terpilih kembali ke DPR yaitu Dr.Ribka Tjiptaning (PDIP-Jawa Barat), Dr.Karolina Margaret Natasa (PDIP-Kalimantan Barat), Dr.Verna Gladies Merry Inkiriwan (Partai Demokrat-Sulawesi Tengah) dan Dr.Charles J.Mesang (Golkar-Nusa Tenggara Timur).

Jika melihat perolehan suara yang dicapai ternyata  Dr.Karolina  merupakan anggota DPR daerah pemilihan Kalimantan Barat dengan perolehan suara terbanyak dari 560 anggota DPR terpilih yaitu meraih 397.481 suara.

Dari 7 orang anggota DPR terpilih ini, hanya seorang yang berprofesi spesialis yaitu Dr.Hj Neni Moerniaeni,SpOG dari daerah pemilihan Kalimantan Timur dari partai Golkar. Satu orang dokter yang lolos ke Senayan ternyata mantan kepala daerah (Walikota Padang Panjang) yaitu Dr.Syuir Syam dari daerah pemilihan Sumbar dari partai Gerindra.

Beliau mundur dari jabatan walikota Padang Panjang untuk berjuang menuju DPR. Selama beliau menjadi kepala daerah banyak penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional atas prestasi beliau saat memimpin Padang Panjang.

HASIL pemilu legislatif 2014 sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), kita juga bisa mengetahui siapa-siapa dari 560 anggota legislatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News