Tes Kesehatan Capres-Cawapres Habiskan Dana Rp 300 Juta

Tes Kesehatan Capres-Cawapres Habiskan Dana Rp 300 Juta
Bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (kiri) bersama Jusuf Kalla yang akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (22/5). Tes kesehatan ini merupakan syarat untuk mengikuti Pilpres. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Biaya pemeriksaan kesehatan untuk satu pasang bakal calon presiden dan wakil presiden menghabiskan anggaran Rp 150 juta. Dana itu disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Per orang menghabiskan biaya Rp 75 juta. Itu berarti total yang dikeluarkan untuk tes ini mencapai Rp 300 juta. Tes diikuti oleh pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, besarnya biaya yang dikeluarkan KPU guna mengganti rugi pemasukan yang seharusnya diterima rumah sakit.

"Rp 75 juta per orang dan itu sudah all in, pemeriksaan seluruh," kata Ferry di Instalasi Medical Check Up RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (22/5).

Ferry menyatakan selama pelaksanaan tes kesehatan capres-cawapres, layanan medical check up di RSPAD Gatot Soebroto tertutup untuk umum. Hal itu dilakukan agar proses pemeriksaan kesehatan tidak terganggu. "Kami minta di 'block' dulu untuk sementara," tandasnya.

Seperti diberitakan Jokowi-JK menjadi pasangan capres pertama yang mendapat giliran melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, hari ini. Sedangkan, pasangan Prabowo-Hatta baru akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan Jumat (23/5/2014) esok. Ada 14 jenis tes kesehatan yang dijalani para capres-cawapres ini. Pemeriksaan berlangsung sekitar 7 hingga 8 jam. (flo/jpnn)


JAKARTA -- Biaya pemeriksaan kesehatan untuk satu pasang bakal calon presiden dan wakil presiden menghabiskan anggaran Rp 150 juta. Dana itu disiapkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News