Inilah yang Membuat Google Jadi Merek Termahal di Dunia

Inilah yang Membuat Google Jadi Merek Termahal di Dunia
Google Glass yang Membuat Google Jadi Merek Termahal di Dunia. Getty Images

jpnn.com - PARIS -- Berdasarkan survei perusahaan pasar global Millward Brown, Google menjadi merek paling mahal di dunia tahun 2014. Perusahaan mesin pencari di internet itu mematahkan dominasi Apple, produsen iPhone dan iPad yang selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2011 hingga 2013.

Laporan bertema 100 To BrandZ 2014, Millward Brown menempatkan Google di rangking pertama dengan merek yang paling bernilai dengan USD 158, 8 miliar atau Rp 1.817 triliun.

Sementara Apple sendiri melorot. Meski nilai mereknya menurun 20 persen, Apple masih menempati urutan kedua dengan dihargai USD 147, 8 miliar atau Rp 1,691 triliun.

Apa yang membuat merek Google sehingga menjadi mereka paling bernilai? Kepala Millward Brown, Benoit Tranzer menyebutkan bahwa salah satunya adalah Google Glass. Kacamata pintar yang bisa terkoneksi dengan internet hasil kolaborasi Google dengan Luxottica yang juga penghasil kacamata Ray-Ban di Amerika Serikat menjadi produk inovatif.

"Google sangat inovatif tahun ini dengan Google Glass-nya," kata Tranzer, Rabu (23/5).

Selain produk yang inovatif, Google juga membangun kemitraan yang membuatnya sebagai perusahaan paling dipercaya. Sementara Apple sendiri dianggap kinernya menurun.

Salah satu kemitraannya adalah ikut merangsang semangat bagi perakit smartphone dengan kekuatan sistem androidnya. Perusahaan tersebut menyiapkan dana US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar bagi mereka yang bisa merakit telepon pintar dengan desain yang inovatif.

Google juga dilaporkan mematangkan program pembuatan telepon pintar berbasis Android Silver. Program baru ini hanya diperuntukkan kepada produsen smartphone yang mau mengikuti sesuai dengan syarat yang diajukan oleh perusahaan mesin pencari raksasa itu.

PARIS -- Berdasarkan survei perusahaan pasar global Millward Brown, Google menjadi merek paling mahal di dunia tahun 2014. Perusahaan mesin pencari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News