Asmat Kabupaten Pertama Papua yang Raih Opini WTP

Asmat Kabupaten Pertama Papua yang Raih Opini WTP
Asmat Kabupaten Pertama Papua yang Raih Opini WTP

jpnn.com - JAYAPURA - Dari 29 pemerintahan kabupaten/kota dan 1 pemerintahan provinsi di Papua, Pemerintah Kabupaten Asmat merupakan yang pertama meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sebelum meraih opini WTP, empat tahun berturut-turut Pemkab Asmat meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Terkait hal ini, Kepala BPK Papua Dori Santosa, menjelaskan untuk mendapatkan opini WTP itu ada beberapa kriteria.

Di antaranya kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan perlengkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Dari keempat kriteria itu, kata Dori, Kabupaten Asmat dapat memenuhinya secara baik, sehingga untuk LKPD TA 2013 Kabupaten Asmat mendapatkan opini WTP.

"Untuk opini WTP adalah penilaian dari kewajaran laporan. Untuk hal-hal terkait dengan kasus korupsi itu masalah yang terpisah," paparnya. (il/fud)


JAYAPURA - Dari 29 pemerintahan kabupaten/kota dan 1 pemerintahan provinsi di Papua, Pemerintah Kabupaten Asmat merupakan yang pertama meraih opini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News