Muhaimin Luncurkan Score Tingkatkan Produktivitas UKM

Muhaimin Luncurkan Score Tingkatkan Produktivitas UKM
Muhaimin Luncurkan Score Tingkatkan Produktivitas UKM

jpnn.com - MENTERI Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meluncurkan program Kesinambungan Daya Saing dan Tanggung Jawab Perusahaan (SCORE) fase 2 untuk meningkatkan produktivitas Usaha kecil Menengah /Industri Kecil Menengah (UKM/IKM) di Indonesia.

Program ini lanjutan dari fase 1 yang mulai diluncurkan tahun 2009. Program SCORE merupakan program global yang awalnya dirancang oleh ILO dan didanai Sekretariat Negara Swiss untuk Urusan Ekonomi (SECO) dan Badan untuk Kerjasama Pembangunan Nowergia (NORAD) serta didukung serta dilaksanakan oleh Kemenakertrans, Apindo dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh nasional dan ILO.

“Program ini secara khusus membantu UKM/IKM di Indonesia sehingga tercapai peningkatan mutu produktivitas melalui peningkatan kerjasama dan komunikasi antara pengusaha dan pekerja, Kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Kantor Kemnakertrans pada Senin (26/5).

Turut hadir dalam kesempatan ini Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Heinz Walker-Nederkoon dan Direktur ILO untuk Indonesia, Peter van Rooij, Sekjen Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona, perwakilan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Ketua -ketua Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Nasional.

Muhaimin mengatakan UKM/IKM merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia yang pada tahun 2012 UKM/IKM menyumbang 57,4 persen Produk Domestik Bruto (data Kementerian KUKM). UKM/IKM juga berperan besar dalam mengatasi pengangguran dengan mempekerjakan 107,6 juta tenaga kerja.

Namun, karena bentuk usahanya yang kecil menjadikan UKM/IKM sangat rentan terhadap guncangan dari luar. Seperti di negara-negara lainnya UKM /IKM di Indonesia pun menghadapi banyak kendala dalam mempertahankan keberlangsungan usaha.

“Besarnya peran dan potensi UKM/IKM dalam perekonomian Indonesia, membuat pemerintah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pembinaan dan pendampingan agar terjadi peningkatan produktivitas dan daya saing UKM/IKM, “Kata Muhaimin.

Sebagai program pelatihan dan pendampingan, kata Muahimin SCORE diharapkan dapat mendukung perusahaan agar mampu menguatkan kerjasama dan komunikasi antara perusahaan dan pekerja melalui peningkatan kualitas dan produktivitas, perbaikan  kondisi kerja, pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan, serta membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif, baik di pasar nasional maupun global.

MENTERI Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meluncurkan program Kesinambungan Daya Saing dan Tanggung Jawab Perusahaan (SCORE) fase 2

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News