Google Doodle Untuk Rachel Louise Carson

Google Doodle Untuk Rachel Louise Carson
Google Doodle Untuk Rachel Louise Carson. Getty Images

jpnn.com - Penghormatan khusus Google Doodle dipersembahkan buat Rachel Louise Carson, Selasa (27/5) hari ini. Perusahaan raksasa mesin pencari di internet itu merubah tampilan layarnya dengan sosok wanita yang berdiri di bibir pantai dengan animasi.

Di air, disajikan hewan-hewan laut seperti anjing laut, penyu, dan ikan. Sementara di udara, ada burung dan kupu-kupu.

Animasi ini tentu mengarahkan kita kepada sosok Carson yang lahir pada 27 Mei 1907. Dia adalah wanita yang merupakan ahli biologi kelautan Amerika Serikat dan aktivis lingkungan hidup.

Dengan karyanya, Silent Spring dan tulisan ilmiah lainnya, Rachel merubah paradigma soal lingkungan. Buku ini membukakan mata terhadap pentingnya penyelamatan lingkungan hidup. The Sea Around Us juga menjadi buku yang paling banyak dipuji sehingga penghargaan dari US National Book Award.

Buku Silent Spring yang diterbitkan tahun 1962 menentang penggunaan pestisida sintetis. Carson meyakini penggunaan bahan kimia akan membawa masalah terhadap lingkungan.

Meskipun mendapat perlawanan dari perusahaan yang memproduksi bahan kimia untuk pertanian, namun pemikiran Carson dalam bukunya mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah Amerika Serikat soal penggunaan bahan kimia. AS akhirnya melarang penggunaan DDT (Dichloro-Diphenyl-Trichloroethane) dan pestisida lainnya.

Carson juga menjadi inspirator terhadap gerakan lingkungan akar rumput yang mengarah pada penciptaan Perlindungan Lingkungan AS kala itu. Atas jasanya, wanita yang meninggal 14 April 1964 itu menyandang anumerta dengan anugerah Presidential Medal of Freedom oleh Jimmy Carter. (awa/jpnn)


Penghormatan khusus Google Doodle dipersembahkan buat Rachel Louise Carson, Selasa (27/5) hari ini. Perusahaan raksasa mesin pencari di internet


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News