Tinggi Letusan Gunung Sangiang NTB 3.000 Meter

Tinggi Letusan Gunung Sangiang NTB 3.000 Meter
Tinggi Letusan Gunung Sangiang NTB 3.000 Meter

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Api Sangeangapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), meletus pada Jumat (30/5) sekira pukul 15.55 Wita.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah  telah menaikkan status dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) terhitung mulai pukul 16.00 Wita.

"Tinggi letusan 3.000 meter ke arah barat. Abu vulkanik sebagian besar jatuh ke laut," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (30/5).

Menurutnya, Pulau Sangeangapi tidak ada permukiman permanen. Penduduk Sangeang daratan memiliki kebun di pulau tersebut.

Saat terjadi letusan, Sutopo menambahkan, penduduk yang tegah berada di kebun dievakuasi dibantu oleh BPBD Bima bersama SAR, TNI, dan Polri dari  Pulau Sangeang menggunakan kapal. "Saat ini penduduk telah dievakuasi ke Sangeang darat," kata Sutopo. (boy/jpnn)

JAKARTA - Gunung Api Sangeangapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), meletus pada Jumat (30/5) sekira pukul 15.55 Wita. Pusat Vulkanologi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News