Korban Pemilu

Korban Pemilu
Korban Pemilu

Korban PemiluSAAT ini,  perhatian banyak orang sudah tertuju pada pilihan presiden 9 Juli nanti, namun ada baiknya melihat ulang wakil rakyat yang terpilih di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Wakil rakyat angkatan 2014 nanti adalah percampuran antara wajah lama dan orang-orang baru.

Sebagai contoh, menteri seperti Tifatul Sembiring dan Jero Wacik yang akan selesai masa tugasnya tidak lama lagi akan duduk bersama 35 wajah baru dari Partai Nasdem.

Meskipun demikian, daftar orang-orang yang gagal melenggang ke Senayan kali ini tidak kalah menarik untuk dibahas.

Salah satunya yang paling diingat adalah kekalahan kandidat seperti tokoh perempuan DPR dari PDI-P Eva Kusuma Sundari (Jawa Timur) dan Agung Ayu Astrid Katrika Putri (Bali) serta caleg dari Golkar Nurul Arifin (Jawa Barat).

Ini sangat menyedihkan bahwa wanita berbakat dan pekerja keras seperti Eva dan Nurul gagal terpilih kembali. Kekalahan Agung Ayu menyakitkan. Tempo memujinya dan  menyebut tokoh perempuan Bali ini sebagai calon wakil rakyat yang teguh memegang prinsip.

Malah, jumlah anggota DPR perempuan jatuh dari angka 103 menjadi  97 yang terpilih, termasuk di dalamnya 38 wakil rakyat incumbent.

Ini adalah tanda bahwa upaya utuk meningkatkan partisipasi perempuan tidak berhasil, meskipun pemerintah pusat telah mengalokasikan 30% jatah untuk ditempati calon wakil rakyat perempuan.

SAAT ini,  perhatian banyak orang sudah tertuju pada pilihan presiden 9 Juli nanti, namun ada baiknya melihat ulang wakil rakyat yang terpilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News