Raih Prestasi Level Internasional, Tak Lolos SNMPTN

Raih Prestasi Level Internasional, Tak Lolos SNMPTN
Raih Prestasi Level Internasional, Tak Lolos SNMPTN

jpnn.com - SEKAYU – Negara Indonesia dinilai tidak memberi apresiasi dan menampung para siswa yang cerdas dan berprestasi hingga ke tingkat internasional. Padahal anak berprestasi adalah aset bangsa yang harus dibina, agar tidak diambil dan dirangkul negara lain.

Seperti Anjani Rahma Putri, siswi SMA Negeri 2 Unggulan Sekayu peraih dua award pada International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2014 di Los Angeles, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Ia dinyatakan tidak lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Sriwijaya (Unsri). Padahal, Anjani tanpa tes dan diberi beasiswa masuk universitas besar di Jepang, German, Inggris, serta Amerika.

Kegundahan itu Anjani curahkan di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta, kemarin (4/6).  “Saya kecewa tidak lulus SNMPTN di ITB dan Unsri,” sesal Anjani.

Padahal, ia lebih berkeinginan menempuh pendidikan dan kuliah di Indonesia, dibandingkan di luar negeri. Ini karena, dirinya lebih memilih mengabdikan diri demi banga Indonesia.

“Yah, kalau tidak lulus SNMPTN ini, lebih baik saya tempuh pendidikan di negara luar. Karena negara luar lebih peduli dan menghargai prestasi dan karya ilmiah saya. Dan terbukti mampu menyingkirkan puluhan negara dunia yang ada,” ujarnya didampingi rekannya, Muhtaza Aziziya Syafiq.

Kepala SMA Negeri 2 Unggulan Sekayu,  Dra RR Mini Sari Wulan MSi merasa sedih Anjani Rahma Putri dinyatakan tidak lulus SNMPTN di ITB dan Unsri. Padahal beberapa negara maju telah bersedia menampung Anjani kuliah di universitas besar hingga bekerja di sana.

“Negara Indonesia malah menolak dan tidak menerima juara Development Focus Award the US Agency for International Development (USAID),” tegasnya.

SEKAYU – Negara Indonesia dinilai tidak memberi apresiasi dan menampung para siswa yang cerdas dan berprestasi hingga ke tingkat internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News