Polisi Kesulitan Bongkar Jaringan Esek-Esek di Batam

Polisi Kesulitan Bongkar Jaringan Esek-Esek di Batam
Polisi Kesulitan Bongkar Jaringan Esek-Esek di Batam

jpnn.com - Terbongkarnya kasus trafiking yang diduga dilakukan Laura, Rabu (4/6) lalu di Hotel Ice (bukan Hotel Ace), Batam membuktikan bahwa kasus penjualan anak di bawah umur di Batam sudah mengkhawatirkan. Sayangnya, pihak kepolisian masih kesulitan membongkar jaringan perdagangan manusia ini.

Dari informasi yang didapat Batam Pos, keberadaan jaringan trafiking ini memang cukup banyak di wilayah Lubukbaja dan Batuampar.  ”Batam ini ramai dengan dunia hiburan malam, jadi ini sepertinya bisnis yang menggiurkan,” kata sumber Batam Pos.

Para pelaku atau tekong perdagangan manusia khususnya wanita muda ini, memiliki jaringan yang kuat sehingga sulit dijangkau polisi atau penegak hukum lainnya. ”Lagian kalau mau grebekpun pasti bocor. Sampai di TKP malah tak ada apa-apa,” kata sumber itu.

Korban dan pelaku trafiking ini umumnya wanita muda yang didatangkan dari luar Batam. Biasanya modus yang digunakan adalah menjanjikan pekerjaan yang halal dengan gaji yang besar kepada korbannya. Tapi ketika sampai di Batam korban dijual ke lokasi hiburan malam, lokasi prostitusi bahkan ada yang dijual langsung kepada pelanggan pria hidung belang, seperti yang dilakukan Laura.

”Ada yang diiming-imingi kerja ke luar negeri dengan gaji besar, tapi sampai di Batam malah di jadikan pemuas nafsu,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari rumah Laura di Perumahan Baloi Mas, polisi mengamankan dua wanita muda termasuk Dn, remaja 14 tahun yang dipekerjakan sebagai PSK. Namun, untuk memastikan apakah merupakan jaringan perdagangan manusia, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.

”Kami masih selidiki lebih lanjut apakah masuk jaringan human trafiking ataukah tidak,” ujar sumber kepolisian di Mapolresta Barelang, kemarin.

Kanit PPA Polresta Barelang, Iptu Retno, mengatakan tertangkapnya Laura bersama Dn menjadi penyelidikan awal untuk mengungkap keberadaan jaringan trafiking di Kota Batam. ”Ini akan kami selidiki lebih lanjut, siapa saja yang terlibat akan kami dalami,” kata Retno.

Terbongkarnya kasus trafiking yang diduga dilakukan Laura, Rabu (4/6) lalu di Hotel Ice (bukan Hotel Ace), Batam membuktikan bahwa kasus penjualan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News