Lewati Trans Sulawesi Antre

Lewati Trans Sulawesi Antre
BERLUMPUR: Petugas kepolisian membantu pengguna jalan yang terjatuh saat melintas di Jalan Beringin Raya, Kelurahan Rawua, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (9/6). (Suwarjono/Kendari Pos/JPNN)

jpnn.com - KENDARI – Jalan Trans Sulawesi di Rawua, Kecamatan Sampara, bisa dilalui kemarin. Namun, para pengguna jalan yang masuk wilayah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, harus antre.

Sebelumnya, jalur yang menghubungkan provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah tersebut rusak karena rendaman air hujan yang terus mengguyur wilayah itu. ’’Rusaknya jalan ini disebabkan pekerjaan proyek pada penimbunan badan jalan. Itu ditimbun untuk mengangkat badan jalan agar lebih tinggi. Diharapkan air tidak menggenangi jalan. Ternyata, tanah timbunan ini mengakibatkan akses jalan terganggu karena menjadi lumpur,’’ kata Humas Pemda Konawe Drs Ameruddin.

Pada Minggu (8/6), jalan itu lumpuh. Antrean mengular sekitar 5 kilometer. Mulai depan Pasar Pohara, Desa Konggamea, Desa Baini, Desa Laloumera, Desa Totombe, Desa Andaroa, dan Desa Baobao. Angota DPRD Sultra Syamsul Ibrahim yang melintas di wilayah tersebut mengaku terjebak selama lima jam dalam kemacetan.

Menurut dia, setiap mobil yang melintas harus diderek. ’’Saya habis berlibur di kampung di Kabupaten Konawe mulai pukul 19.00 dengan tujuan Kota Kendari. Namun, hingga pukul 23.50 saya belum juga menembus kemacetan itu. Padahal, besok saya mempunyai agenda di Kendari,’’ ungkapnya.

Jalur tersebut menjadi satu-satunya akses dari Kota Kendari menuju Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur. Pemerintah setempat sudah mengupayakan perbaikan dan mengalihkan arus transportasi. Namun, padatnya permukiman di wilayah itu cukup menyulitkan. ’’Kami sudah mengupayakan dan memanfaatkan lajur kiri. Tetapi, permukiman itu sangat padat di poros tersebut. Saat ini kendaraan sudah boleh melalui jalur itu meski masih ada hambatan sedikit,’’ ungkapnya. (m2/JPNN/c22/diq)

KENDARI – Jalan Trans Sulawesi di Rawua, Kecamatan Sampara, bisa dilalui kemarin. Namun, para pengguna jalan yang masuk wilayah Kabupaten


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News