Prabowo Belum Bisa Lampaui Elektabilitas Jokowi

Keterpilihan Prabowo Tersandera Isu Penculikan Aktivis

Prabowo Belum Bisa Lampaui Elektabilitas Jokowi
Prabowo Belum Bisa Lampaui Elektabilitas Jokowi. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Dua lembaga survei merilis temuannya pada persaingan kandidat di Pemilihan Presiden 2014 di Jakarta, Minggu (15/6). Dari hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla belum bisa dilampaui Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Poltracking Institute menempatkan Jokowi-JK ungggul dengan 48,5 persen. Sementara Prabowo-Hatta 41,1 persen dengan kalangan yang belum menentukan pilihan 10,4 persen.

"Elektabilitas pasangan Jokowi-JK lebih unggul," kata Direktur Eksekutif Poltracking Institute Hanta Yudha di Hotel Morrissey, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (15/6).

Survei dilakukan pada periode 26 Mei-3 Juni 2014 secara serempak di 33 provinsi seluruh Indonesia. Sebanyak 2010 responden diwawancarai secara tatap muka, serta menggunakan metode pengambilan multi-stage random sampling dan margin of error lebih kurang 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tingkat keterpilihan Jokowi-JK juga masih unggul dari survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI). LSI mencatat Jokowi-JK 45 persen dan Prabowo-Subianto 38,7 persen dengan suara yang masih mengambang 16,3 persen.

"Kedua capres masih punya peluang yang sama untuk menang dan saling mengalahkan," kata Anggota Tim Riset LSI, Adjie Alfaraby.

Dalam surveinya, Alfaraby memotret perkembangan tingkat keterpilihan antara kedua capres dari 2013 hingga awal Mei 2014 yang sebelumnya memiliki selisih di atas 2 digit. "Kini hanya berbeda 1 digit elektabilitas Jokowi vs Prabowo dengan selilih 6,3 persen," katanya.

Diakui Alfaraby, elektabilitas Jokowi dan Prabowo memang mengalami kenaikan. Namun, kenaikan keterpilihan lebih tinggi yang dialami Prabowo. "Isu negative campaign bahkan black campaign terhadap Jokowi ikut mempengaruhi persepsi publik," ucapnya.

JAKARTA - Dua lembaga survei merilis temuannya pada persaingan kandidat di Pemilihan Presiden 2014 di Jakarta, Minggu (15/6). Dari hasil survei tersebut,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News