Teridentifikasi 12 Virus dan Hama Serang Tanaman Petani di Kerinci

Teridentifikasi 12 Virus dan Hama Serang Tanaman Petani di Kerinci
Teridentifikasi 12 Virus dan Hama Serang Tanaman Petani di Kerinci

jpnn.com - KERINCI - Tanaman pertanian di Kerinci rentan diserang virus. Sekarang ini ada 12 virus dan hama yang merusak tanaman. Mulai hama putih palsu, penggerek batang, bercak daun, wereng jagung, karat daun, busuk tongkol, ulat grayak, hawar daun, kerdil rumpun, belalang, hingga tikus dan ulat polong.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman dan Petugas Hama Tanaman (POPT/PHO), Neldi Edisa, mengatakan, setiap tahunnya hama maupun virus tersebut sering membuat lahan petani rusak.

"12 jenis hama dan virus yang kami data ini, merupakan virus yang paling rutin menyerang tanaman di Kerinci," katanya, kemarin (17/6).

Dijelaskannya, walaupun 12 jenis hama dan virus tersebut merupakan jenis hama ringan, haruslah tetap diwaspadai. Sebab jika dibiarkan, maka akan menjadi bumerang bagi petani.

"Hama ini dapat menyebar dengan cepat dan sulit diatasi. Untuk itu, kami minta jika ada petani yang menemukan virus menyerang lahannya harap cepat melapor petugas kami yang ada di setiap kecamatan agar bisa diantisipasi dengan cepat," kata Neldi.

Untuk mengantisipasi terjadinya serangan virus dan hama tersebut, kata Neldi, petugas PHT juga tengah gencar melakukan sosialisasi terhadap pola tanam kepada petani. Hal itu dilakukan sebagai langkah  mempertahankan dan pencegahan terhadap penyebaran virus, sebelum dilakukannya vaksinasi.

"Sehingga tidak terjadi serangan yang makin besar dan menyebabkan kerugian makin membesar," tandasnya.(fyo/dar)


KERINCI - Tanaman pertanian di Kerinci rentan diserang virus. Sekarang ini ada 12 virus dan hama yang merusak tanaman. Mulai hama putih palsu, penggerek


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News