Tambah Usia, Azwar Abubakar Digelari Doktor Honoris Causa

Tambah Usia, Azwar Abubakar Digelari Doktor Honoris Causa
Tambah Usia, Azwar Abubakar Digelari Doktor Honoris Causa

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mendapat kado istimewa pada hari ulang tahunnya ke–62 yang jatuh hari ini (21/6). Mantan Gubernur Nangroe Aceh Darussalam itu mendapat gelar doktor honoris causa (HC) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Penganugerahan dilakukan oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA dalam sidang senat terbuka yang dihadiri seluruh anggota senat UIN Ar-Raniry dan dosen di lingkungan UIN Ar-Raniry. Pemberian gelar doktor kehormatan untuk Azwar merupakan yang pertama dilakukan UIN Ar-Raniry sejak didirikan 50 tahun silam.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA mengatakan, pemberian gelar doktor kehormatan ini ke Azwar merupakan bentuk apresiasi atas partisipasinya memperjuangkan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di Aceh. “Azwar Abubakar sebagai Menteri PAN-RB merupakan tokoh yang sempurna dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya berkaitan dengan penegerian beberapa perguruan tinggi baik di Aceh maupun di di sejumlah daerah,” ujar Farid dalam siaran pers yang diterima JPNN, Sabtu (21/6).

Di Aceh terdapat sejumlah perguruan tinggi yang ditingkatkan statusnya. Antara lain Universitas Teuku Umar (UTU), STAIN Gajah Puteh dan STAIN Langsa. Selain itu, di bumi Serambi Mekah itu juga telah terbentuk koordinasi perguruan tinggi swasta (Kopertis) Wilayah V sehingga ke depan akan memudah kontrol pendidikan di Aceh.

Selain itu, Azwar juga telah berupaya menegerikan 10 perguruan tinggi swasta. Selama menjabat sebagai Wakil Gubernur dan Plt Gubernur Aceh, Azwar Abubakar juga telah memberi perhatian yang besar di bidang pendidikan. Saat Aceh dalam situasi konflik, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga banyak membantu sekolah-sekolah yang dibakar.

Sedangkan bagi UIN Ar-Raniry, Azwar dianggap berjasa besar dalam perubahan status dari IAIN menjadi UIN. Kampus ini merupakan kebanggaan mayarakat Aceh. “Dia telah bekerja keras untuk terwujudnya alih status kampus Ar-Raniry,” ujar Farid yang juga Ketua Forum Rektor PTAIN se-Indonesia. (esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mendapat kado istimewa pada hari ulang tahunnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News