Ini Saran Dahlan kepada Petani Karawang

Ini Saran Dahlan kepada Petani Karawang
Ini Saran Dahlan kepada Petani Karawang

jpnn.com - KARAWANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta para petani di Karawang, Jawa Barat, kompak dalam memberantas tikus sawah.

Dahlan meyakini, tikus sawah bisa dibasmi jika seluruh petani harus terlibat. Bila kerja sendiri-sendiri dan sporadis, maka itu akan sia-sia belaka.

"Daripada (petani) punya usaha sendiri-sendiri, mending kayak gini secara bersama-sama berantas tikus. Karena kalau ngelakuin satu kelompok di sini, trus di sana nggak ngelakuin nanti tikusnya bisa ke sana. Jadi kalau di sini dan di sana sama-sama berantas, tikus nya nggak bisa lari dan langsung dapat. Ya kuncinya harus serentak," ulas Dahlan di Karawang, Jawa Barat, Senin (23/6).

Terlebih, para petani di Karawang kebanyakan menanan padi, yang juga merupakan makanan kesukaan bagi tikus sawah. Makanya tak heran bila makin hari jumlah tikus sawah terus bertambah.

"Kenapa begitu, karena Karawang itu kan perairannya bagus sekali, berarti petani itu tanam padi tidak berhenti-hentinya," katanya.

Karenanya lanjut mantan Dirut PLN ini, bila petani menginginkan hasil panennya berlimpah dan bagus, maka kerjasama untuk memberantas tikus sawah harus dilakukan secara kompak.

"Petani pengen hasil sawahnya banyak, ya itu harus diatasi dengan cara seperti ini," tandas dia. (chi/jpnn)

 


KARAWANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta para petani di Karawang, Jawa Barat, kompak dalam memberantas tikus sawah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News