Pertamina Beli Gas Cair Dari Texas

Pertamina Beli Gas Cair Dari Texas
Pertamina Beli Gas Cair Dari Texas

jpnn.com - JAKARTA - Pertamina terus mendorong penambahan pasokan minyak dan gas bumi (migas) bagi masyarakat Indonesia. Kali ini, BUMN tersebut menambah pasokan LNG (Liquified Natural Gas) sebanyak 0,76 juta ton per tahun dari Texas, Amerika Serikat (AS).

Capaian tersebut dilakukan melalui kerja sama yang kedua kalinya dengan Corpus Christi Liquefaction LLC, anak perusahaan Cheniere Energy Inc.

Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan bahwa perjanjian jual beli (PJB) LNG tersebut sudah ditandatangani pada 1 Juli 2014.

Kedua pihak menyepakati tambahan pasokan tambahan selama 20 tahun dari Corpus Christi Liquefaction Terminal Train 2. Tambahan pasokan tersebut bakal dimulai pada 2019 nanti.

"Perjanjian ini merupakan yang kesepakatan kedua antara Pertamina dan Cheniere Energy. 4 Desember 2013 lalu, kami telah menandatangani PJB LNG pertama dengan komitmen sekitar 0,76 juta ton LNG per tahun selama 20 tahun. Dengan begitu, komitmen total dari Corpus Christi Liquefaction bakalmencapai 1,52 juta ton pada 2019 nanti," kata Hari, Rabu (2/7).

Dalam perjanjian, Pertamina akan membeli LNG dengan skema FoB (Free on Board) dengan acuan harga harga indeks bulanan Henry Hub ditambah komponen tetap. LNG tersebut bakal dikirimkan menggunakan tanker LNG milik Pertamina.

"PJB LNG jangka panjang ini menunjukkan komitmen kuat Pertamina dalam memperoleh kepastian pasokan LNG. Perjanjian ini searah dengan strategi Pertamina untuk mendominasi pasar LNG. Serta, menangkap peluang pertumbuhan permintaan gas di Indonesia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Terutama, sektor ketenagalistrikan dan industri," jelasnya.

Dia menjelaskan, permintaan gas Indonesia diproyeksi akan meningkat sekitar 4,8 persen per tahun pada periode 2015-2025.

JAKARTA - Pertamina terus mendorong penambahan pasokan minyak dan gas bumi (migas) bagi masyarakat Indonesia. Kali ini, BUMN tersebut menambah pasokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News