Hindari Penumpukan Kemacetan, Usulkan Libur Ditambah

Hindari Penumpukan Kemacetan, Usulkan Libur Ditambah
Hindari Penumpukan Kemacetan, Usulkan Libur Ditambah

jpnn.com - BANDUNG - Persiapan arus mudik lebaran terus dipantau oleh pemerintah. Kemarin (02/7) jajaran Kementerian Perhubungan (kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) serta kepolisian sidak di empat titik jalur pantura. Hal itu bertujuan untuk melihat kesiapan jalur tersebut.

Keempat jalur tersebut yakni sepanjang Nagrek menuju cilieunyi, pertigaan pasar Malangbong Garut, dan yang terakhir di daerah Gentong Tasikmalaya.

Sidak dimulai pukul 06.00. Pertama rombongan memeriksa jalur Nagrek menuju Cilienyi. Mereka memeriksa kondisi jalan, lingkar Nagrek serta terowongan Nagrek. Setelah itu, rombongan menuju ke Polsek Nagrek untuk mendengarkan paparan titik kemacetan dan kerawanan di jalur itu.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Bandung, Kompol Dedi Hermayadi mengatakan pihaknya sudah memetakan titik rawan kemacetan, pasar tumpah, puncak kepadatan, serta laporan kejadian kecelakaan lalu-lintas selama lebaran.

Dedi mengatakan puncak arus mudik diperkirakan H-2. Sedangkan arus balik pada H+4. Menurut dia, jalur Nagrek masih akan dipadati oleh pemudik. Pada tahun 2012 jumlah pemudik yang melintas di jalur tersebut pada H-2 totalnya 132.733 unit kendaraan. Untuk tahun 2013 jumlahnya menurun menjadi 93.034.

"Itu disebabkan hari libur lebaran lebih lama dari tahun sebelumnya. Jadi penumpukan kendaraan berkurang," jelasnya.

Untuk angka kecelakaan lalu-lintas, pada tahun 2012 ada tiga kejadian. Dua orang menjadi korban keganasan jalan itu. Sedangkan tahun 2013 ada 13 kejadian. Namun tidak sampai ada korban yang meninggal.

Untuk titik kemacetan, Dedi mencatat ada sembilan titik kemacetan. Yakni di pasar limbangan banyak terdapat PKL, di Cikaredo arah Ciharang ada penyempitan jalur atau bottle neck, pintu keluar tol cibesi, dan masuk ke pintu tol cilieunyi. "Di tempat itu ada pasar dan PKL. Sehingga menyebabkan kemacetan panjang," paparnya.

BANDUNG - Persiapan arus mudik lebaran terus dipantau oleh pemerintah. Kemarin (02/7) jajaran Kementerian Perhubungan (kemenhub), Kementerian Pekerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News