Triharyo Susilo, Alumni ITB Penerima Ganesha Jasa Wiryautama

Triharyo Susilo, Alumni ITB Penerima Ganesha Jasa Wiryautama
Triharyo Soesilo saat menerima penghargaan Ganesha Wirya Jasa Utama. Foto: ist

jpnn.com - BANDUNG - Institut Teknologi Bandung  (ITB) memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang dinilai telah berperan besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Pemberian penghargaan bersamaan dengan peringatan ke-94 berdirinya Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia, di Aula Barat, Kampus ITB, Bandung, Kamis (3/7). Acara disaksikan oleh Majelis Wali Amanat, Majelis Guru Besar, para tamu undangan dan wakil mahasiswa.

Salah satu penerima penghargaan Ganesha Wirya Jasa Utama adalah Triharyo Soesilo atau yang lebih akrab dipanggil Hengki.

Ia adalah alumni jurusan Teknik Kimia dan masuk tahun 1977. Hengki lulus dari ITB pada tahun 1981 dan kemudian mengambil Master Of Chemical Engineering di University of Arizona dalam bidang perancangan pabrik.

Selama hampir 30 tahun, Hengki meniti karier di PT Rekayasa Industri (Rekind) dari seorang insinyur ahli Proses, sampai menjadi Direktur utama selama 6 tahun dari 2004 sd 2010.

Karya-karyanya bersama para insinyur di Rekind adalah membangun pabrik-pabrik pupuk, semen, kilang BBM, kilang LNG, pabrik Biodiesel, pipa bawah laut menyeberangi selat sunda, pembangkit listrik yang bertenaga uap, gas, dan panas bumi, serta banyak pabrik-pabrik Petrokimia .

Sebagian besar karya-karya tersebut adalah karya perdana putra-putri Indonesia dalam berbagai industri. Selain di Indonesia, Hengki bersama insinyur Rekind juga membangun pabrik pupuk dan kilang minyak di Malaysia serta pabrik Petrokimia Methanol di Brunei. Pabrik-pabrik tersebut juga merupakan karya-karya pertama putra-putri Indonesia di Luar negeri.

Penyelesaian pembanguan pabrik-pabrik industri yang dilakukan bersama insinyur Rekind, mendapatkan banyak penghargaan, antara lain penghargaan dari Persatuan Insinyur Indonesia, penghargaan ASEAN Engineering award, Asia Pacific Innovation award dan juga penghargaan Rintisan Teknologi yang dianugerahi oleh Presiden SBY.

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung  (ITB) memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang dinilai telah berperan besar dalam pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News