Dorong Penggunaan Energi Terbarukan

Dorong Penggunaan Energi Terbarukan
Dorong Penggunaan Energi Terbarukan

jpnn.com - SURABAYA-Menteri BUMN Dahlan Iskan berupaya mendorong penggunaan energi terbarukan secara lebih meluas. Saat ini penggunaan energi terbarukan seperti pemanfaatan tenaga surya masih terbatas. Padahal dengan tenaga surya, bisa mengurangi ketergantungan listrik dari PLN.

Dalam kunjungannya ke PT Santinilestari Energi Indonesia, produsen produk-produk energi terbarukan kemarin (8/7), Dahlan menyatakan kekagumannya terhadap produk buatan pabrik yang berada di wilayah Kenjeran itu. Kunjungan tersebut merupakan kali kedua sejak 2011 lalu. Saat itu ia meminta dibuatkan lampu tenaga surya.

"Sudah banyak lampu tenaga surya, tapi kebanyakan memiliki bentuk baterai dan lampu terpisah. Jadi, kalau dipakai cepat panas dan lebih cepat mati. Nah, produk yang dibuat ini berbeda, antara baterai dan lampu menyatu," katanya kemarin (8/7).

Bentuk yang demikian membuat kinerja lampu tenaga surya menjadi lebih efisien. Sebab ketika siang hari, lampu panel tersebut sepenuhnya memanfaatkan tenaga surya.

Dengan demikian tidak mengambil energi dari baterai. Sedangkan baterai bisa sepenuhnya menyimpan energi yang dapat dipakai pada waktu malam hari.

Sayangnya, kendati sudah berproduksi, peminat untuk lampu tenaga surya tersebut belum banyak dan terbatas kalangan tertentu.

Padahal, manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan lampu tenaga surya sejenis. Oleh karena itu, Dahlan berinisiatif untuk mendorong penggunaan lampu tersebut secara massal.

"Lampu ini bisa dipakai di rumah dan perkantoran. Makanya, seperti Graha Pena bisa diganti dengan lampu tersebut," tandas dia.

SURABAYA-Menteri BUMN Dahlan Iskan berupaya mendorong penggunaan energi terbarukan secara lebih meluas. Saat ini penggunaan energi terbarukan seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News