Pasien RSJ Ikut Tausiah Ramadan

Pasien RSJ Ikut Tausiah Ramadan
Pasien RSJ Ikut Tausiah Ramadan

jpnn.com - MEDAN - Puluhan pasien gangguan jiwa mengikuti kegiatan siraman rohani berupa tausiah islami di Ruang Rehabilitasi, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Tali Air No 21 Medan, Kamis (10/7) malam.

Dalam kegiatan itu, Ustaz Ikmaldi Jambaq S.Ag kemudian mengajak puluhan pasien untuk membaca Surat Alfatihah bersama-sama. Sedangkan dalam tausiahnya, ia mengatakan, pada minggu ke dua bulan puasa, bulan yang sangat mulia.

"Keutamaan di bulan Ramadan ini ada enam, yakni dibukanya pintu surga oleh Allah SWT, kedua syaitan telah dibelenggu. Ketiga, pintu neraka ditutup, keempat adanya salat sunat tarawih dan titir. Yang kelima di bulan suci Ramadan ini telah diturunkannya Nuzur Aluran pada 17 Ramadan di mana untuk Alquran diturunkan untuk petunjuk bagi manusia menjalani kehidupan di dunia. Terakhir, di bulan Ramadan adanya malam Lailatul Qadar," ungkapnya di hadapan puluhan pasien yang terlihat aktif di sela-sela tausiah yang diberinya.

Meski memberikan tausiah kepada pasien gangguan jiwa, namun mereka dapat memahami apa yang dipaparkan ustadz Ikmaldi. Ini terlihat beberapa pasien mengajukan pertanyaan kepada ustaz Ikmaldi.

Usai memberikan tausiahnya, ustaz Ikmaldi mengatakan, di antara pasien masih ada yang kelihatan tak mencerna apa yang ia paparkan.

"Tapi saya mengingatkan kepada pasien agar selalu membaca zikir, dan sering-sering mengingat Allah. Insyalah ingatannya cepat kembali. Karena kuncinya di dalam hati mereka. Apalagi tadi ada yang menghapal beberapa surat, meski ada juga yang bersalahan," terangnya.

Ia juga berharap supaya pasien dapat lekas sehat. Karena tidak hanya bantuan obat secara dunia, secara ruhnya diobati dengan tausyiah.

Sementara itu, Mahmud, Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) menuturkan, kegiatan tausiah ini tidak hanya di hari Ramadan saja. Akan tetapi sehari-hari biasa juga dilaksanakan.

MEDAN - Puluhan pasien gangguan jiwa mengikuti kegiatan siraman rohani berupa tausiah islami di Ruang Rehabilitasi, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News