Pembangunan Tol Trans Sumatera Ditargetkan 9 Oktober

Pembangunan Tol Trans Sumatera Ditargetkan 9 Oktober
Pembangunan Tol Trans Sumatera Ditargetkan 9 Oktober

jpnn.com - JAKARTA - Pembangunan proyek Tol Trans Sumatera akan dimulai pada 9 Oktober 2014. Ground breaking rencananya akan dilakukan sebelum berakhirnya periode pemerintahan 2009-2014, bila Peraturan Presiden (Perpres) penugasan telah keluar dan diberikan ke pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelum akhir Juli 2014.

"Prinsipnya 9 Oktober ground breaking tentu apabila Perpres bisa keluar paling lambat 21 Juli," ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan usai menggelar rapat di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7).

Pembangunan proyek ini akan digarap oleh PT Hutama Karya. Karenanya, agar pembangunan ini segera dimulai, Hutama Karya bersama Kementerian BUMN saat ini tengah mengurus turunnya Perpers penugasan, yang ditargetkan dapat ditandatangani presiden pada 21 Juli 2014.

"Sekarang Perpres masih diolah, difinalkan di Menko, karena Menko juga ingin cepat, sehingga perkiraan kita dalam waktu 10 hari Perpres keluar," harap Dahlan.

Nah, sambil menunggu Perpers penugasan kata Dahlan, Hutama Karya akan menyampaikan bisnis plan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum, selaku regulator jalan tol. Restu BPJT diperlukan sebagai syarat untuk memperoleh pinjaman dari perbankan.

"Secara pengerjaan hitungan bisnis, cuma business plan ini mesti diajukan Menteri PU untuk disetujui," katanya.

Nantinya, untuk tahap awal akan segera dibangun empat ruas, yakni: Medan-Binjai sepanjang 16,8 km, ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 km, ruas Palembang-Inderalaya sepanjang 22 km dan Bakauheni Lampung-Terbanggi Besar sepanjang 150 km.

"Investasinya sekitar Rp 330 triliun," tutur mantan Dirut PLN ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Pembangunan proyek Tol Trans Sumatera akan dimulai pada 9 Oktober 2014. Ground breaking rencananya akan dilakukan sebelum berakhirnya periode

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News