Rumor Tidak Terbukti, Arus Modal Mulai Masuk

Rumor Tidak Terbukti, Arus Modal Mulai Masuk
Rumor Tidak Terbukti, Arus Modal Mulai Masuk

jpnn.com - PANASNYA persaingan perebutan kursi presiden sempat membuat kalangan dunia usaha waswas dan menurunkan dulu gigi ekspansi bisnisnya.

Pemerintah terus berusaha meyakinkan pebisnis bahwa polarisasi yang tajam antar kedua calon dan pendukung tidak akan mengganggu iklim berusaha di tanah air.

Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT) membantah rumor tentang adanya sebagian pengusaha yang telah memindahkan aset finansialnya ke Singapura. Konglomerat pemilik jaringan bisnis CT Corp. itu meyakinkan, kabar tersebut tidak benar karena para pengusaha dan investor terbukti tidak panik dengan eskalasi politik di Indonesia.

CT juga telah menghubungi para konglomerat dan investor untuk mengklarifikasi kabar burung yang tidak jelas sumbernya tersebut. ”Saya meyakinkan bahwa proses pemilu presiden akan berjalan lancar seperti pemilu legislatif sebelumnya,” ujar dia.

Dia juga menemui pengusaha-pengusaha besar di Indonesia dan meminta bisnis mereka tetap berjalan sebagaimana biasa. Untuk meyakinkan pebisnis, CT memberikan garansi pribadi.

”Saya contohkan, semua aset saya ada di Republik Indonesia tidak ada yang dibawa ke luar,” kata pria yang menurut versi majalah Forbes memiliki kekayaan hingga USD 4 miliar atau sekitar Rp 44 triliun tersebut.

Menurut CT, para pengusaha memang selalu berpikir realistis. Jika memang kondisi keamanan di tanah air memburuk, perekonomian pun akan segera tertular dan hal itu bisa memicu pelaku usaha untuk menyelamatkan aset-asetnya dengan memindahkannya ke negara-negara yang relatif lebih stabil seperti Singapura.

”Tapi, itu tidak perlu dilakukan karena kondisi di sini (Indonesia, Red) aman. Semua terkendali karena pemerintah terus bekerja untuk memastikan proses pemilu berjalan lancar,” ucapnya.

PANASNYA persaingan perebutan kursi presiden sempat membuat kalangan dunia usaha waswas dan menurunkan dulu gigi ekspansi bisnisnya. Pemerintah terus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News