Banyak Tertular AIDS karena Suami Suka Ngeseks dengan PSK

Banyak Tertular AIDS karena Suami Suka Ngeseks dengan PSK
Banyak Tertular AIDS karena Suami Suka Ngeseks dengan PSK

jpnn.com - SAMARINDA - Angka penderita HIV/AIDS kalangan ibu rumah tangga (IRT) masih tinggi. Golongan ini ada di urutan kedua, setelah pekerja swasta untuk penderita terbanyak penyakit mematikan  tersebut. Sebanyak 193 IRT terdeteksi menderita HIV/AIDS hingga Juni 2014.

Sejauh ini, diperkirakan IRT tertular HIV/AIDS dari hubungan seksual dengan suaminya yang tertular karena kerap “jajan” di luar rumah. Kondisi ini tentu sangat berbahaya. Besar peluang IRT untuk menularkan penyakit ini kepada anaknya, yakni saat mengandung dan memberi air susu ibu (ASI).

“Ini memang tren yang mengejutkan. Ibu-ibu ini diperkirakan tertular karena suami yang gonta-ganti pasangan,” kata Muhammad Basuki, staf Sekretariat Pengelola Program, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Samarinda.

Survei KPA, 80 persen lebih penularan HIV/AIDS di Samarinda melalui hubungan badan berganti-ganti pasangan. Dua belas persen karena penggunaan jarum suntik narkoba secara bergantian. Sisanya melalui cara lain, seperti transfusi darah atau ASI.  

Salah satu pencegahan penularan yang tetap intens dilakukan KPA adalah penyuluhan dan membagikan kondom di tiga lokalisasi di Samarinda, Loa Hui, Solong, dan Bayur. Kendala penerapan program ini, bukan PSK atau pemilik wisma yang menolak, tapi malah pelanggan.

“Kebanyakan mereka (pelanggan) bandel (tak ingin menggunakan kondom),” ujarnya.  

Sampai Juni 2014, dengan 518 orang dengan HIV AIDS (ODHA), Samarinda menempati peringkat paling atas pengidap penyakit ini di Kaltim. Hingga Juni pula, tercatat 214 orang meninggal. Kecamatan di Samarinda dengan pengidap HIV/AIDS tertinggi adalah Sungai Pinang. Sebabnya, masih ada lokalisasi di kawasan ini.(*/nyc/far/k8)


SAMARINDA - Angka penderita HIV/AIDS kalangan ibu rumah tangga (IRT) masih tinggi. Golongan ini ada di urutan kedua, setelah pekerja swasta untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News