Gandeng JFE, Semen Indonesia Hemat Rp 120 Miliar

Gandeng JFE, Semen Indonesia Hemat Rp 120 Miliar
Direktur Utama PT Semen Dwi Soetjipto. Foto: Yessy Artada/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PT Semen Indonesia secara resmi bekerjasama dengan JFE Engineering Jepang untuk membangun pembangkit listrik gas buang (Waste Heat Recovery Power Generation/WHRPG). Rencananya WHRPG ini berkapasitas 30,6 MW.

"Ini akan mengurangi penggunaan listrik PLN sebesar 152 juta kWh per tahun yang berpotensi menghemat biaya listrik sekitar Rp 120 miliar per tahun," ujar Direktur Utama PT Semen Dwi Soetjipto di Gedung The East Jakarta, Selasa (15/7).

Dwi menyatakan, industri semen termasuk bisnis yang paling terkena imbas kenaikan tarif dasar listrik (TDL) untuk kelas industri di tahun 2014. Karenanya, perseroan terus melakukan inovasi dan efisiensi di berbagai aspek, termasuk di bidang energi.

Pembangunan pembangkit listrik pemanfaatan gas buang di pabrik Tuban ini merupakan salah satu inisiatif perseroan.

"Kami berusaha mengurangi ketergantungan energi yang bersumber dari PLN, sekaligus mengurangi konsumsi batubara oleh PLN. Terlebih penyesuaian TDL untuk industri akan terus dilakukan oleh pemerintah," seru pria berkacamata ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Semen Indonesia secara resmi bekerjasama dengan JFE Engineering Jepang untuk membangun pembangkit listrik gas buang (Waste Heat Recovery


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News