Bandara Jember Resmi Beroperasi Hari Ini

Bandara Jember Resmi Beroperasi Hari Ini
Bandara Jember Resmi Beroperasi Hari Ini

jpnn.com - JEMBER – Momen yang ditunggu-tunggu selama hampir delapan tahun akhirnya terealisasi hari ini. Pesawat ATR 72-600 milik maskapai terbaik bangsa ini, Garuda Indonesia, akhirnya terbang perdana secara komersial untuk masyarakat umum. Rabu (16/7) ini Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono akan mengikuti penerbangan perdana dari Surabaya ke Bandara Notohadinegoro, Jember.

Selasa (15/7), persiapan penerbangan perdana hampir rampung 100 persen. Petugas menyiapkan segala keperluan ceremony penerbangan perdana di area bandara seluas 120 hektare itu. Misalnya, kursi dan meja untuk tamu undangan. Peragaan kostum JFC pun disiapkan di bandara.

Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh Boedi Prihantoro, manajer area Garuda Indonesia di wilayah Jember-Banyuwangi. ’’Untuk penerbangan perdana ke Jember besok (hari ini, Red), hadir Wamenhub Bambang Susantono,’’ tutur Boedi di sela-sela kegiatannya di Bandara Jember, Selasa (15/7).

’’Kalau dari Garuda Indonesia, rencananya Direktur Penjualan dan Pemasaran Garuda Indonesia Erik Meijer serta Vice President Domestic Region 3 Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Garuda Indonesia Ari Suryanta hadir,’’ tuturnya. Juga, ada Isman Sutomo, kepala Dishub Jember, dalam rombongan.

Untuk acara penerbangan perdana tersebut, lanjut dia, Garuda Indonesia menyiapkan 40 kursi untuk tamu undangan dan VIP dari rombongan Jakarta dan Surabaya. Juga, disediakan lima kursi untuk forum pimpinan daerah (forpimda) Jember. ’’Dari 70 kursi yang ada, tiket sudah dipesan penumpang yang akan menikmati perjalanan perdana Garuda Indonesia untuk penerbangan Jember-Surabaya atau sebaliknya,’’ jelasnya.

Pihaknya berharap penerbangan perdana tersebut dapat berjalan lancar. Antusiasme masyarakat terhadap operasional Bandara Notohadinegoro Jember juga terlihat pada pemesanan tiket yang penuh sepekan sebelum penerbangan perdana dijadwalkan.

Rencananya, pesawat ATR 72-600 milik Garuda Indonesia ini berangkat dari Bandara Juanda, Surabaya, pukul 9.00 WIIB dan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember pukul 9.35 WIB. Sedangkan jadwal keberangkatan dari Jember ke Surabaya pukul 10.05 WIB. ’’Jika lewat darat, perjalanan Jember-Surabaya 4–5 jam. Dengan Garuda Indonesia, hanya diperlukan 30–35 menit,’’ tutur Boedi. (ram/mas/wah/JPNN/c17/any)

JEMBER – Momen yang ditunggu-tunggu selama hampir delapan tahun akhirnya terealisasi hari ini. Pesawat ATR 72-600 milik maskapai terbaik bangsa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News