Ini Penyebab Suhu di Bali Lebih Dingin

Ini Penyebab Suhu di Bali Lebih Dingin
Ini Penyebab Suhu di Bali Lebih Dingin

jpnn.com - DENPASAR - Beberapa hari belakangan, masyarakat di Bali merasakan hawa dingin yang lain dari biasanya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III/Denpasar memperkirakan bahwa posisi matahari yang berada di utara khatulistiwa adalah penyebab mengapa udara Bali dingin.

"Saat ini angin tenggara yang berasal dari Australia melewati Bali," kata prakirawan BMKG Wilayah III/Denpasar, Anak Agung Putu Eka Putra Wirawan, di Kuta, Kabupaten Badung, Rabu, (16/7).

Dari pemantauan BMKG, di wilayah Australia pada Rabu pagi udara di negara benua itu diprediksi mencapai 7-10 derajat Celcius. Kata Wirawan, angin dari benua kanguru itu membawa massa udara yang dingin dan kering serta membawa sedikit massa uap air.

Akibatnya, lanjut dia, kurangnya uap air itu menyebabkan sedikit partikel uap air yang menyerap radiasi (energi) matahari.

"Energi yang dipancarkan matahari akan diserap oleh permukaan atau partikel di udara, baik itu debu, karbondioksida, dan uap air yang mengikat panas. Karena sedikit uap air, maka yang mengikat panas juga sedikit," imbuhnya.

Selain itu, saat malam dengan kondisi cerah dan sedikit awan, maka energi yang diserap pada siang hari akan dilepas langsung ke angkasa pada malam hari.

Indikator tersebut, kata dia, menyebabkan cuaca di Pulau Dewata selama beberapa hari belakangan lebih dingin, baik saat pagi, sore, maupun malam dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Lebih lanjut, Putra Wirawan menjelaskan bahwa rata-rata suhu minimum saat pagi hari di Pulau Dewata diperkirakan mencapai 21-23 derajat Celcius.

DENPASAR - Beberapa hari belakangan, masyarakat di Bali merasakan hawa dingin yang lain dari biasanya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News