Nyentrik dengan Vintage Style

Nyentrik dengan Vintage Style
JEJAK MASA LALU: Sejumlah model memperagakan busana vintage. Beberapa aksesori khas masa lalu menunjang penampilan mereka. (Guslan Gumilang/Jawa Pos)

jpnn.com - SURABAYA – Gaya busana vintage hampir tidak pernah mati dalam duniafashion. Penampilan klasik era 70-an tersebut hingga kini menjadi alternatif pilihan berbusana. Sebab, gaya itu membuat si pemakai tampil lebih trendi dan eksklusif.

Namun, sebagian perempuan menganggap bahwa tampil stylist harus mengeluarkan kocek yang sangat dalam. Padahal, bergaya ala vintage stylesebenarnya tidak melulu menggunakan barang baru. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah memanfaatkan baju lama dan dicampur dengan item baru.

Anata Kusuma, fashion blogger, menjelaskan bahwa vintage stylemerupakan salah satu cara untuk bisa memaksimalkan koleksi baju yang dimiliki. Baju-baju yang terkesan jadul bisa lebih kece jika si pemakai pandai mix and match busana tersebut. ’’Jadi, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal,’’ ujar Anata.

Vintage style sangat identik dengan warna-warna cokelat, gold, dan pastel. Motif yang paling banyak ditemui adalah floral vintage. Jenis pattern itu menghiasi dress, celana, rok, dan blus pada era 70 sampai 80-an. Ciri khas gaya vintage dengan warna-warna antik dan kuno tersebut bisa terlihat tidak ketinggalan zaman.

Meski vintage style saat ini makin eksis di dunia mode, khususnya kalangan remaja, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, hindari memasukkan seluruh unsur item vintage dalam satu penampilan. Sebaiknya item vintage dikombinasikan dengan item baru. Hindari pula penggunaan warna-warna neon karena terkesan norak.

Salah satu cara tepat memadupadankan busana vintage untuk terlihatstylist, Anata menyarankan mencampur satu item vintage dengan jins, blazer simpel, atau T-shirt. Penampilan pun bisa tampak lebih modern dan berusaha keluar dari kesan tempo dulu. Tetapi, lebih mengesankan tren mode masa kini.

Untuk penampilan vintage-modern, lanjut Anata, langkah paling mudah adalah mencampur busana model lama dengan gaya terbaru. Misalnya, mengenakan midi skirt dengan cropped top. Namun, bila ingin tampil dengan gaya lebih fun, bisa mencoba mengenakan baju bermotif checkered(kotak-kotak) maupun polkadot. Motif itu dapat dipadupadankan dengan rok panjang warna menyala seperti oranye.

’’Item yang wajib dimiliki untuk bergaya vintage adalah celana atau rok di atas pinggang dan blus motif polkadot,’’ katanya.

SURABAYA – Gaya busana vintage hampir tidak pernah mati dalam duniafashion. Penampilan klasik era 70-an tersebut hingga kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News