Ini Trik Atasi Balita yang Suka Ngamuk

Ini Trik Atasi Balita yang Suka Ngamuk
Perlu trik khusus menghadapi balita yang suka mengamuk. Foto: Sony DSC

jpnn.com - PADA usia balita anak mulai menunjukkan sikap negativistic dan kemandirian. Mereka sering berkata tidak pada perintah atau ajakan orang lain. Tidak hanya itu sering dengan perkembangan fisik-motorik anak juga ingin menunjukkan keinginannya.

Namun dengan keterbatasan kemampuan berkomunikasi, penyelesaian masalah lebih melibatkan reaksi perilaku langsung atau mengungkapkan perasaan dibandingkan dengan logika. Akibatnya, kemarahan meledak.

Kalau melihat usia, hal ini wajar namun jangan dibiarkan berlangsung lama. Anak harus belajar dan menyadari bagaimana mengungkapkan keinginan atau kemarahannya dengan cara yang lebih bisa diterima oleh lingkungannya.

Berikut beberapa tips mengatasi balita yang suka mengamuk:

1. Tahu apa yang Anda hadapi

"Amukan balita adalah bagian normal dari perkembangan setiap anak karena bagian otaknya yang berhubungan dengan pengelolaan emosi dan kemampuan memecahkan masalah akan berkembang lebih baik lagi," kata direktur pelayanan kesehatan anak di Montefiore medical Group, Dr. Rahil Briggs, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (16/7).

2. Jangan bereaksi berlebihan.

Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi cobalah untuk mengambil nafas dalam-dalam dan hindari berteriak ataupun memukul si kecil.

PADA usia balita anak mulai menunjukkan sikap negativistic dan kemandirian. Mereka sering berkata tidak pada perintah atau ajakan orang lain. Tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News