Minyak Ikan Bisa Sembuhkan Leukemia

Minyak Ikan Bisa Sembuhkan Leukemia
Minyak Ikan Bisa Sembuhkan Leukemia

jpnn.com - SEBUAH studi tentang minyak ikan menemukan bahwa, salah satu senyawa yang terkandung di dalamnya bisa menjadi obat untuk penderita kanker darah (leukemia).

Kesembuhan didapatkan setelah senyawa tersebut memberikan perlawanan terhadap sel-sel induk leukemia sehingga sel abnormal ini mati.

"Penelitian terbaru kami ini menunjukkan bahwa beberapa metabolit dari Omega-3 memiliki kemampuan secara selektif membunuh sel induk penyebab leukemia pada tikus,” kata profesor Sandeep Prabhu, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (16/7).

Dalam studi ini ditemukan bahwa senyawa bernama Delta 12-Protaglandin J3 atau D12-PGJ3 membunuh sel-sel batang leukemia yang bernama chronic myelogenous leukemia (CML). Senyawa penekan sel kanker tersebut bisa didapat dalam asam lemak omega 3 yang terdapat pada daging ikan dan minyaknya.

Dalam percobaan pada tikus yang mengalami leukemia, senyawa dalam minyak ikan membunuh sel induk leukemia yang terdapat dalam limpa dan sumsum tulang.

Sel induk ini memicu kanker dengan melakukan pembelahan diri dan menghasilkan sel kanker lebih banyak lagi. Sel tersebut menyerang sel darah putih yang menjadi alat alami pertahanan tubuh.

Selama ini penanganan kanker darah terbatas pada pengobatan agar sel-sel leukemia selalu dalam kadar rendah. Ada risiko sel tersebut menjadi resisten kalau konsumsi obat dihentikan. Sehingga, pasien leukemia cenderung hanya bertahan dan tidak mengalami penyembuhan secara tuntas.

Temuan baru ini menjadi langkah awal untuk penyembuhan kanker darah. Peneliti segera mematenkan temuan ini dan akan melakukan uji klinis terhadap manusia. (fny/jpnn)


SEBUAH studi tentang minyak ikan menemukan bahwa, salah satu senyawa yang terkandung di dalamnya bisa menjadi obat untuk penderita kanker darah (leukemia).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News