Danamon Investasi Sosial melalui Pelestarian Lingkungan

Danamon Investasi Sosial melalui Pelestarian Lingkungan
Danamon Investasi Sosial melalui Pelestarian Lingkungan

jpnn.com - JAKARTA - Keluarga besar Bank Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli menggelar kegiatan "Bulan Kepedulian Lingkunganku" yang diadakan di seluruh jaringan kantor wilayah bank yang berdiri pada 1956 itu. Untuk kegiatan itu, Danamon menggandeng Adira Finance, Adira Insurance dan Adira Kredit.

Menurut Direktur Danamon Muliadi Rahardja, kegiatan itu diselenggarakan dari Mei hingga Agustus 2014. Dalam rangka itu pula Danamon melibatkan Indonesia Solid Waste Association (InSWA), organisasi profesi yang bergerak di bidang manajemen dan teknologi pengelolaan sampah.

Seremonial kegiatan Bulan Kepedulian Lingkunganku 2014 di Jakarta diselenggarakan Jumat (18/7) di Pusat Pengembangan Riset dan Pelatihan–Reduce, Reuse, Recycle (TPST 3R–Rawasari), Jalan Rajawali Selatan, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Kegiatan Bulan Kepedulian Lingkunganku adalah wujud kepedulian kami terhadap permasalahan global saat ini sekaligus sebagai investasi sosial yang ke depannya diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang untuk kualitas hidup dan kualitas lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang," kata Muliadi.

Dipaparkannya, kegiatan itu ditujukan pada pengelolaan limbah sampah non -organik berbasis 3R (reduce, recycle, reuse) dari bulan Juli sampai Agustus. Muliadi menjelaskan, pada tahun 2014 ini Danamon akan memulai pengembangan lanjutan dari kegiatan 3R dengan merencanakan dan mengawal proses daur ulang sampah kertas dari kantor agar dapat dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan materi komunikasi cetak korporasi.

Muliadi menambahkan, kegiatan itu dilakukan Danamon sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pengurangan aksi penebangan pohon yang merupakan bahan baku utama pembuatan kertas baru. Pohon yang sejatinya adalah paru-paru bumi karena peranannya yang mampu mengubah karbondioksida (Co2) menjadi oksigen (O2), harus dipastikan kelangsungan hidup dan ekosistemnya agar dapat menjaga bumi sebagai sumber kehidupan yang sehat bagi generasi di masa depan.

Di tempat yang sama, Executive Director Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi, mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan imbauan Kementerian Lingkungan Hidup bahwa upaya pelestarian lingkungan memerlukan keterlibatan semua pihak dan unsur dalam masyarakat selain pemerintah. "Karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup menyerukan keterlibatan masyarakat dan pihak swasta yang merupakan aspek penting dalam kegiatan ini," ujarnya.

Demi kegiatan itu, Yayasan Danamon Peduli mengalokasikan dana bantuan senilai total Rp 4,5 miliar untuk seluruh Indonesia dengan melibatkan 2.244 cabang dan unit Danamon dan Adira, serta 6.577 karyawan yang menjadi relawan sampai dengan saat ini.(fas/jpnn)


JAKARTA - Keluarga besar Bank Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli menggelar kegiatan "Bulan Kepedulian Lingkunganku" yang diadakan di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News