Tips Terhindar dari Tiga Kelompok Penyakit saat Mudik

Tips Terhindar dari Tiga Kelompok Penyakit saat Mudik
Tips Terhindar dari Tiga Kelompok Penyakit saat Mudik

jpnn.com - MUDIK sudah menjadi  budaya bagi masyarakat kita khususnya menjelang lebaran ini. Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi bertemu keluarga besar dan kawan lama yang telah lama tidak berjumpa.

Oleh karena itu perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat ditempat tujuan kita tetap dalam keadaan sehat.
-------------------
Ari Fahrial Syam-Praktisi Kesehatan*
-------------------

Terdapat tiga kelompok penyakit yang dapat terjadi selama mudik: penyakit kronik yang kambuh, penyakit akibat kelelahan serta penyakit akibat kecelakaan.

Berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan mengalami kekambuhan saat mudik. Perjalanan mudik biasanya tidak bisa diprediksi waktu tempuhnya. Sehingga kondisi yang tidak menentu ini bisa mencetuskan berbagai penyakit  kronis.

Kondisi lelah dan waktu yang tidak jelas untuk sampai di tempat tujuan apalagi disertai kondisi stress selama perjalanan akan menyebabkan kambuhnya penyakit kronik. Pasien dengan hipertensi bisa saja tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol.

Begitu pula pasien dengan kencing manis, pasien dengan  sakit maag, penyakit asma dan berbagai penyakit kronis lain. Belum lagi cuaca yang tidak menentu kadang hujan kadang panas juga merupakan faktor yang bisa memperburuk keadaan.

Kelompok penyakit kedua yang bisa terjadi karena faktor kelelahan itu sendiri.  Saat kelelahan daya tahan tubuh menurun sehingga penyakit infeksi akut seperti diare dan infeksi saluran pernafasan akut mudah terjadi.  Selama mudik seseorang bisa saja melakukan perjalanan yang melelahkan baik dengan kendaraan sendiri ataupun dengan kendaraan umum baik bus atau kereta api.

Selain itu  saat  berbuka serta sahur selama dalam perjalanan cenderung untuk  menkonsumsi makanan yang tidak cukup dan seadanya saja. Sebagian besar pemudik bahkan  hanya menkonsumsi makanan dan minuman yang  didapat selama perjalanan atau dibawa selama perjalanan.

MUDIK sudah menjadi  budaya bagi masyarakat kita khususnya menjelang lebaran ini. Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi bertemu keluarga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News